ANALISIS E-COMMERCE DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN TOKO AMANAH BANJARMASIN

Devie Yuliana(1*), Farida Yulianti(2), Abdul Kadir(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) Penerapan e-commerce dalam meningkatkan penjualan pada toko Amanah Banjarmasin, (2) Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan toko Amanah Banjarmasin, (3) Peningkatan penjualan di toko Amanah dengan penerapan e-commerce dan strategi pemasaran. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu data yang tidak dapat di hitung atau bukan berupa angka yang di peroleh dari hasil kuesioner pimpinan/pemilik toko serta informasi-informasi penerapan e-commerce dalam meningkatkan penjualan, strategi pemasaran, dan peningkatan penjualan di toko Amanah Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan 1) E-commerce berpengaruh seperti yang terdapat pada tabel 4 dan 5 terhadap kepuasan berbelanja melalui e-commerce di toko Amanah Banjarmasin. Hal ini mencerminkan bahawa berjualan melalui e-commerce meningkatkan penjualan. 2) Strategi pemasaran berpengaruh dalam peningkatan penjualan seperti yang terdapat pada tabel 6 dan 7 terhadap kepuasan konsumen dengan strategi pemasaran di toko Amanah Banjarmasin. Dengan adanya strategi pemasaran, pemilik toko dapat meningkatkan penjualan dan banyak peminat untuk beli di toko Amanah Banjarmasin. 3) Peningkatan penjualan berpengaruh seperti yang terdapat pada tabel 8 terhadap toko Amanah Banjarmasin. Hal ini mencerminkan bahwa peningkatan penjualan sangat penting untuk kemajuan toko Amanah Banjarmasin.


Kata Kunci


E-Commerce; Strategi Pemasaran; Peningkatan Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, T (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Tjiptono, F. & A. Diana. (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta.

Moh, Rusdi. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen & Bisnis, 6(2), 49-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.