ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA FROZEN FOOD BON-BON BANJARMASIN

Dewi Mustika Wati(1*), Erni Alfisah(2), Purboyo Purboyo(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini di latar belakangi agar dapat mengetahui strategi pemasaran apa saja yang telah diterapkan dan hal apa saja yang seharusnya dapat dilakukan agar berguna dalam meningkatkan penjualan pada produk frozen food bon-bon Banjarmasin secara lebih efektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah secara wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 5 orang yaitu owner, 2 karyawan dan 2 konsumen. Dari hasil yang telah didapatkan telah menggambarkan jika strategi pemasaran yang diterapkan oleh Frozen food bon-bon Banjarmasin adalah dengan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari strategi harga, strategi distribusi, strategi produk dan strategi promosi. Sebenarnya strategi pemasaran sudah cukup baik dan sangat efektif dalam penerapannya. Namun, masih ada yang harus ditingkatkan lagi seperti menambah jenis varian dari produk Frozen foodnya dan suatu promosi yang seharusnya menggunakan kecanggihan teknologi pada masa sekarang ini. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan sudah relatif murah dan lokasi yang dipilih sudah sesuai. Kesimpulan dari hasil yang telah didapatkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha Frozen food bon-bon Banjarmasin sudah dapat bersaing dengan para pesaingnya kemudian strategi pemasarannya juga cukup baik. Diharapkan kedepannya frozen food bon-bon Banjarmasin selalu mengembangkan strategi-strategi pemasaran yang telah mereka terapkan dengan baik dan harus selalu meningkat mengikuti perkembangan teknologi.


Kata Kunci


Strategi Pemasaran; Meningkatkan Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, T., & Tantri, F. (2017).Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdullah, Thamrin. 2017. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.Depok.

Danang Sunyoto. 2019. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi Dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Priyono, M. (2016).Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan).Yogyakarta:Deepublis.

Hamel dan pharalad dalam Tania 2018 Ridhwan, R. P., Saragi, S., & Jaffisa, T. (2022).Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi COVID-19. Publik Reform, 9(1), 9-18.

Hurriyati, Ratih. (2018). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung : Alfabeta.

Indah sarwuni (2021) dalam Rusmayana, R. (2022). Straregi Penjualan Produk PT. Primafood Internasional(PRIMAFRESHMART) PALEMBANG (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. PenerbitSalemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2019. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga.Jakarka.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Mulyadi, 2016. Sistem Akuntansi. Penerbit : Salemba Empat Jakarta Selatan.

Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2017).Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Purboyo, P., Lamsah, L., Zulfikar, R., & Wahyuni, A. (2022). How Environment Knowledge, Social Influences, and Attitude Impact The Millenial Generation’s Purchase Intention in Green Products Through Attitude?. International Journal of Science, Technology & Management, 3(4), 1184-1194.

Purboyo, P., Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., ... & Syamsuri, S. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual & Praktis) (No. rwy65). Center for Open Science.

Robbins, Stephen P. And Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Sari, R., Lie, D., &Butarbutar, M. (2016).Peranan periklanan dan personal Selling terhadap volume penjualan pada pt. Radio citra anak siantar (cas) 89, 4 fm pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 2(1), 34-48.

Sudaryono.2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan MudahDipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020).Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh.Yogyakarta : Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12536

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.