ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA FARIDA SALON DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR)

Ayu Widiya(1*), Husnurrofiq Husnurrofiq(2), Abdul Kadir(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kualitas pelayanan oleh Farida Salon untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan mengetahui bagaimana konsep kualitas pelayanan yang sebaiknya dilakukan oleh Farida Salon untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif (deskriptif). Populasi penelitian terhadap seluruh responden yang berjumlah 30 responden dengan analisis data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Namun perusahaan ini mengalami penurunan pada tingkat loyalitas konsumen, hal ini disebabkan kurang maksimalnya kualitas yang diberikan perusahaan terhadap konsumen. Dari hasil penelitian, perusahaan mengalami kekurangan terutama pada variabel tangiable dan reliability.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Aryamti, A. S., & Suyanto, A. M. A. (2014). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 192-207.

Bayed, M., & Prince, J. (2018). Menganalisis Masalah Kompleks: Kunci untuk Menyelesaikan Masalah dengan Sukses. Jurnal Problem Solving, 10(2), 45-62.

El-Ansary, K. (2019). Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan: Konsep, Pendekatan, dan Implementasi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Davidow, W. H. (2014). Kualitas Pelayanan: Perspektif dan Tantangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 55-68.

Hendryadi, P., et al. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Praktik dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT RajaGrafindo Persada

.

Ismail, M. R. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Anugerah Sekumpul Martapura. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 21(1), 44-52.

Irum. (2016). Pemasaran: Prinsip, Konsep, dan Implementasi. Bandung: Penerbit CV. Pustaka Setia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip- Prinsip Pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip- Prinsip Pemasaran (Edisi ke-17). Jakarta: Erlangga.

Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Perilaku Konsumen (Edisi ke-11). Jakarta: Erlangga.

Kumar, V., & Pansari, A. (2013). Membangun Loyalitas Tinggi di Era Manajemen Pelanggan. Jurnal Riset Layanan, 16(3), 315-327.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2019). Pemasaran Pelayanan: Orisinal dan Terpercaya (Edisi ke-8). Jakarta: Salemba Empat.

Maxwell, J. A. (2013). Desain Penelitian Kualitatif: Pendekatan Interaktif (Edisi ke-3). Thousand Oaks, CA: Sage.

Niu, Y. H. (2021). Loyalitas Pelanggan: Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya dalam Konteks Pemasaran. Jurnal Pemasaran, 20(1), 45-62.

Pulizzi, J. (2014). Pemasaran Konten Epik: Bagaimana Menyampaikan Cerita yang Berbeda, Menembus Kebisingan, dan Memenangkan Lebih Banyak Pelanggan dengan Melakukan Pemasaran yang Lebih Sedikit. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Paraskevas, A., & Buhalis, D. (2020).

Integrasi Teknologi dalam Pariwisata dan Perhotelan: Studi Eksploratori tentang Peningkatan Kualitas Layanan melalui Teknologi Self-Service dan Faktor Pendukungnya. Jurnal Hospitality Marketing & Management, 29(5), 564-590.

Robbins, S. P. (2018). Perilaku Organisasi (Edisi ke-17). Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Rust, R. T., & Huang, M. H. (2014).

Imperatif Kualitas Layanan. Cornell Hospitality Quarterly, 55(2), 107-109.

Yin, R. K. (2014). Studi Kasus Penelitian: Desain dan Metode (Edisi ke-5). Thousand Oaks, CA: Sage.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2013). Perilaku Konsumen (Edisi ke-11). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Setyaningrum, W. (2016). "Kualitas Pelayanan dalam Perspektif Pelanggan" dalam International Journal of Business and Management Invention, 5(9), 40-44.

Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Tjiptono, F. (2015). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Edisi ke-3). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Uncel, O. F., & Kwok, S. (2017). Hubungan Antara Loyalitas Pelanggan dan Loyalitas Merek. Jurnal Pengembangan dan Daya Saing Pemasaran, 11(2), 11-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12532

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.