ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MINIMARKET SALMA BANJARMASIN

Gelda Fujiyanti(1*), Hairul Hairul(2), Nurul Hasanah(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menerapkan strategi bauran pemasaran menggunakan 4P yaitu produk, harga, tempat dan promosi yang mampu meningkatkan penjualan pada Minimarket Salma yang sudah dilakukan dan yang seharusnya dilakukan sesuai dengan teori yang ada, dengan kata lain ke empat variabel tersebut berperan penting untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan jumlah pelanggan serta memberikan keuntungan untuk Minimarket Salma Banjarmasin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat dan mengetahui bagaimana gambaran untuk meningkatkan penjualan harus lebih memperhatikan variabel- variabel yang mempengaruhinya, serta menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi penjualan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran menggunakan 4P berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Minimarket Salma Banjarmasin perlu meningkatkan sarana promosinya agar tujuan usaha untuk meningkatkan penjualannya dapat tercapai.


Kata Kunci


Bauran Pemasaran ; Penjualan ; Strategi Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhalim, R. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Tujuan Penjualan Pada Pt. Danbi International Di Kabupaten Garut (Doctoral Dissertation, Perpustakaan).

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20-27.

Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., ... & Bancin, J. B. B. (2023). Manajemen Pemasaran.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal Of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.

Hanum, F. (2014). Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Manajemen

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati, S. (2019). Analisis Strategi Pemasaran

Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Hutabarat, E. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1).

Mamesah, P. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Lucky Inn Manado. Productivity, 1(1), 46-52.

Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2).

Manumpil, A., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado.

Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1808-1818.

Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 1(1), 1-6.

Selang, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Stiady, J. (2018). Evaluasi Kegiatan Marketing Pada Event Organizer Rv Conceptor Dengan M1 Superclub. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(5), 629-636.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua.

Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Tjiptadi, M. (2008). Konsep Pemasaran dan Proses Manajemen Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka (Ut).

Ulyah, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Bhirawa Steel (Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya).

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.

Zahra, S. (2022). Manajemen Pemasaran




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12523

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.