ANALISIS STRATEGI SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD NAKULA TAHU BANJARMASIN

Sonia Sonia(1*), Farida Yulianti(2), Abdul Kadir(3)

(1) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(2) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(3) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) bagaimana kegiatan saluaran distribusi dan promosi pada UD Nakula Tahu Banjarmasin selama ini, (2) bagaimana kegiatan saluaran distribusi dan promosi pada UD Nakula Tahu Banjarmasin yang seharusnya. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian survey. Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) bahwa strategi saluran distribusi dan promosi yang digunakan UD Nakula Tahu Banjarmasin sudah sangat bagus. Akan tetapi perlu ditingkatkan lagi untuk dapat mencapai target yang ditetapkan seperti yang ada pada visi dan misi. (2) saluran distribusi yang digunakan yaitu, secara langsung dan secara online. (3) sedangkan promosinya melewati media sosial dan dari mulut ke mulut maksudnya dari konsumen satu ke konsumen lainnya. (4) walaupun starategi saluran distribusi dan promosinya masih mempunyai banyak kekurangan, akan tepati produk Nakula Tahu Banjarmasin cukup banyak yang mengenal baik itu dari sekitar Banjarmasin maupun luar kota.


Kata Kunci


Saluran Distribusi, Promosi, Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Anisa Dewantari. (2018). Penerapan Saluran Distribusi pada Perusahaan PT Tirta Marwah Mandiri. Jurnal Manajemen dan Strat-Up Bisnis, 3 (2).

Evelina, N., Waloejo,H.D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembeli Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus pada Konsumen Telkomflexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupataen Kudus). Jornal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 203-213.

Fahmi, I. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafin Do persada.

Irham Fahm. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafin Do persada.

Sunarsasi, Nanang Rudi Hartono. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Keci Menengah di Kabupaten Blitar (Studi pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). Jurnal Tranlitera, 9(1).

Tulong, S. T. (2016). Identifikasi Saluran Distribusi dalam Rantai Pasokan Kentang di Kecamatan Modoinding (Studi di Desa Linelean). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.