ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD.AL MUGHNI MOTOR BANJARMASIN

Pipit Wahyu Kartikasari(1*), Maskur Maskur(2), Prihatini Ade Mayvita(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekomoni, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekomoni, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekomoni, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Marketing Mix pada perusahaan UD. Al-Mughni Motor Banjarmasin dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan rancangan metode analisis deskriptif kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 1 orang manager, 1 orang karyawan dan 1 orang konsumen yang menjadi narasumber penelitian dengan teknik analisis data menurut Miles dan Humberman yang diperoleh dari pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Strategi marketing mix yang seharusnya dilakukan UD. Al- Mugnhi Motor Banjarmasin yaitu 7p (Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik). Produk. (2) Kendala yang dihadapi UD. Al-Mughni Motor Banjarmasin dalam rangka meningkatkan penjualan yaitu kurangnya pembeli, dan unit mobil yang dicari konsumen tidak tersedia, banyaknya pesaing disekitar. (3) Strategi pemasaran yang seharusnya dilakuan UD. Al-Mughni Motor Banjarmasin, strategi yang diterapkan perusahaan sudah bagus dengan menggunakan marketing mix service 7p dengan itu hanya perlu meningkatkan lagi kualitas produk, selalu memantau harga pasar, mengadakan event diperusahaan agar lebih banyak konsumen tahu, memaksimalkan lagi promosi, meningkatkan lagi pelayanan, meningkatkan lagi proses jual beli, meningkatkan lagi fasilitas yang belum ada.


Kata Kunci


Marketing mix ; marketing mix jasa ; penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kotler, P & Keller, K.L. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat. Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta:

Penerbit Salemba Empat.

Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2019). Manajemen Pemasaran (Ketiga). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Setyaningrum, Ari. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset Sunyoto, Danang. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan

Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Swastha, Basu. (2014). Manajemen Penjualan Edisi 3. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Syusyirawati, Rina. (2020). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan

Pangsa Pasar Pada Pt. Toyota Hadji Kalla Cabang Alauddin Kota Makassar. Skripsi, Makassar: Universitas Muhammadiyah.

Tjipjono, Fandy. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi. Tjipjono, Fandy. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok

Gramedia.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12514

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.