ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN ANYAMAN PURUN PADA BRAND USAHA ANYABA DI MARABAHAN
(1) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(2) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(3) Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(*) Corresponding Author
Sari
Strategi Pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan anyaman purun pada Brand usaha Anyaba di Marabahan cukup baik, kerena mampu memasarkan anyaman purun yang sebelumnya hanya dianggap produk menengah kebawah menjadi naik kelas disukai kaum millenial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui Metode Observasi, Kepustakaan (Library Research), Penelitian Lapangan (Field Research), Metode Interview (Wawancara) dan Metode Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif yaitu analisa berdasarkan pendapat, pemikiran dan pertimbangan-pertimbangan yang akan menguraikan serta menerangkan masalah yang tidak digambarkan dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi marketing yang digunakan Anyaman Anyaba Marabahan yang dijalankan selama ini adalah dengan memelihara kualitas produk dan terus berinovasi untuk bekerjasama dengan instansi terkait atau pihak lain dengan produk baru dengan, tipe, warna dan desain kemasan yang menarik dan berubah sesuai kebutuhan pasar serta harga yang ditawarkan relatif lebih murahi karena menyasar kaum muda yang ingin tampil trendy dengan biaya murah serta ada potongan diskon pada produk-produk tertentu pada hari-hari tertentu untuk menarik pelanggan dan 2) Strategi marketing yang seharusnya digunakan pada Anyaman Anyaba Marabahan untuk meningkatkan penjualan produknya selain strategi yang sudah berjalan perlu adanya penambahan aspek promosi kepada pembeli yang sudah datang untuk membeli di tempat dengan memberikan potongan harga, dari aspek tempat Anyaman Anyaba Marabahan yang terletak dilokasi yang strategis dan mudah dikunjungi pembeli namun perlu juga dipikirkan untuk menambah cabang baru di tempat lain seperti Kota Banjarmasin dan sekitarnya
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afriantoni, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume PenjualanPADA PT. Unilever Indonesia, Tbk. Citra Ekonomi, 1(2), 90–100.
Alma, Buchari.2017.Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke Dua. Yogyakarta : BPFE.
Barthos, Basir, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Suatu Pendekatan Makro. Jakarta : Bumi Aksara.
Basu Swastha dan Irawan. 2018. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Handoko, T. Hani, 2017. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yokyakarta : BREE.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.2016.
Kotler, Philip, (2015),Manajemen Pemasaran,PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip, dan Armstrong (2018),Marketing Mix, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Garvin, Fred R. David, dan Wheelan- Hunger. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Manullang, M., 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Maryoto, Susilo, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke Dua. Yokyakarta : BPFE.
Nasution. 2018. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis
Nitisemito, Alex S., 2014. Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar. Jakarta : Ghalia Indonesia
Pedoman Penulisan Skripsi Universitas Ialam Kalimantan (UNISKA) M A B Al- Banjari Jurusan Manajemen, Banjarmasin, 2023.
Saida, Zainurossalamia. 2020. Manajemen Pemasaran. Lombok: Forum Pemuda Aswaja
Setyaningsih. 2020. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana
Siagian, Sondang P., 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Thoha, Miftah, 2016. Perilaku Organisasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta:CV. Andi Offset
Wibowo, Dimas Hendika.2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo).Fakultas Ilmu Administrasi,Universitas Brawijaya Malang
Yazid, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. ,Edisi Revisi Bandung: Remaja Rosdakarya.
Internet
https://www.tokopedia.com/anyamanbahalap/kotak-souvenir-berbahan-dasar-purun-tikus-khas-batola-umkm-binaanadaro-kuning?extParam=whid%3D14457281
Wawancara
Ibu Barkati, selaku orang tua Tri Fatimah Pemilik Anyaman Anyaba saat ini, Rabu, tanggal 03 Mei Jam 14: 21 WITA
Tri Fatimah Pemilik Anyaman Anyaba saat ini, Rabu, tanggal 03 Mei Jam 13:25 WITA
Ibu Ani, Petugas Pembina UKM dari BPD Kalsel Marabahan yang kebetulan datang ke Toko Anyaba Marabahan saat penelitian dilakukan, Rabu tanggal 03 Mei Jam 14:23 WITA
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12511
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.