ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR (Studi Pada PT. Buana Raya Motor)

Dwi Triwahyuni(1*), Kurniaty Kurniaty(2), Fanlia Adiprimadana S.(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Tingginya jumlah pengguna media sosial aktif saat ini berperan besar dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam bidang bisnis. Akan tetapi, banyak perusahaan yang tidak memanfaatkan kegunaan media sosial yang dimiliki secara optimal, seperti Dealer Honda Honda PT. Buana Raya Motor. Hal ini terlihat dari media sosial resmi perusahaan yang tidak memiliki tampilan menarik minat konsumen sehingga penjualan melalui media sosial ini kalah jauh dengan penjualan secara offline. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait efektivitas penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk sepeda motor. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan narasumber sebanyak 4 orang karyawan. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan ialah analisis data kualitatif dengan pengecekan keabsahan data memakai triangulasi sumber data. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu teknik promosi secara online yang dilakukan perusahaan memanfaatkan media sosial yang popular berupa Instagram, tiktok, dan whatsapp. Media sosial tersebut aktif dikelola karyawan selama jam kerja perusahaan dari 08.00-17.00 WITA, dimana karyawana akan menanggapi keluhan dan menerima masukan dari konsumen melalui interaksi di media sosial. Tidak terdapat hambatan berarti namun terdapat kekurangan kecil yang sering tidak disadari karyawan seperti jadwal upload produk yang tidak konsisten hingga tidak adanya target dalam menarik jumlah viewers postingan. Efektivitas dalam penggunaan media sosial yang dilakukan Dealer Honda PT. Buana Raya Motor berdasarkan teori, dapat dikatakan efektif. Bahkan perusahaan mampu meningkatkan volume penjualan dengan memanfaatkan penggunaan media sosial, walaupun memang harus dilakukan strategi pemasaran online yang lebih gencar.


Kata Kunci


Media Sosial; Penjualan; Promosi; Sepeda Motor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade, M., Imron, H. R., Zabidi, I., Zabidi, I., Hendra, S. E., Ak, M. S., & Dwi Windu, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya. Jurnal STEI Ekonomi-JEMI, 30(02).

Agis, D. P. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok dan Efeknya Terhadap perilaku keagamaan remaja islam di kelurahan waydadi baru kecamatan sukarame (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).

Agustina, Rizki. (2022). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 54 Palembang. Undergraduate Thesis Thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Apriyanti, Putri. (2018). Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin Belambangan Penengahan Lampung Selatan) Skripsi. Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Cindy. (2020). Kekurangan dan Kelebihan Social Media Marketing. Diakses pada 1 Juli 2023 di https://sis.binus.ac.id/2020/07/29/kekurangan-dan-kelebihan-social-media-marketing/

Fitri, M. E. Y. (2018). Penggunaan Media Sosial Di Lingkungan Kerja Di Perguruan Tinggi Xyz. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 4(1).

Lathifah, Z., & Lubis, D. P. (2018). Hubungan penggunaan media sosial dengan perkembangan usaha kecil dan menengah kuliner wilayah solo raya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 75-88.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 187-196.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.

Nisrina, Shela Rona. (2018). Strategi promosi PT. Pos Indonesia Cabang Kediri dalam menghadapi persaingan bisnis ekspedisi ditinjau dari syariah marketing. (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KEDIRI).

Prabowo, Dix. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kemudahan Mengakses Produk Terhadap Niat Beli Konsumen. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA).

Putri, R. S., & Safri, I. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Eningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Valuta, 1(2), 298- 321.

Riskita, M. (2022). 5 Cara Tahu Jam Posting Instagram yang Tepat untuk Akun Bisnis. Diakses pada 11 Juni 2023 di https://store.sirclo.com/blog/cara-jam-posting-instagram/

Sari, S. P. (2020). Strategi meningkatkan penjualan di era digital. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291-300.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.