ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD. CITA RASA BANJARMASIN

Achmad Nur Rifansyah(1*), Farida Yulianti(2), Siti Mardah(3)

(1) Manajemen, Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Manajemen, Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Manajemen, Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) saluran distibusi untuk meningkatkan penjualan pada UD. Citra Rasa Banjarmasin (2) promosi untuk meningkatkan penjualan pada UD. Citra Rasa Banjarmasin. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ialah manajemen dan pelanggan UD. Citra Rasa dan sampel sebanyak 5 responden dengan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) saluran distirbusi yang digunakan masih secara langsung sehingga perlu dilakukan saluran distribusi tidak langsung dengan teknik tertentu untuk menjaring lebih banyak konsumen yang akan berdampak pada peningkatan penjualan pada UD. Citra Rasa Banjarmasin, (2) Promosi sudah dilakukan dengan pada periklanan namun tidak masif, telah melakukan promosi penjualan dengan baik dalam bentuk penyusunan produk dan display ke konsumen sehingga pelanggan dimudahkan, telah melakukan publikasi ke konsumen namun juga tidak masif serta telah melakukan promosi penjualan secara langsung namun hanya di awal saat perintisan usaha. Oleh sebab itu perlu dilakukan lagi promosi periklanan secara masif dan penjualan secara langsung secara berkelanjutan untuk dapat meningkatkan penjualan.


Kata Kunci


Saluran Distribusi; Promosi; Peningkatan Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Karundeng, T. N., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Meilani, R., & Kartini, I. A. N. (2020). Pengaruh Product, People, Dan Process Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ekspedisi Cv. Hitam Oren Express (Hoe) Di Surabaya. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.30996/jem17.v5i1.3620

Sudirman, A., Ratih, S. D., Manggabarani, A. S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., Sari, P. N., Mardianto, D., Nugroho, H., & Kesuma, T. M. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer.

https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/553220-manajemen- pemasaran-kontemporer-1034ce6b.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12502

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.