KEBIJAKSANAAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN WAROENG PONDOK BAHARI KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

Siti Aminah Cendrakasih(1*), Mohammad Zainul(2), Apriya Santi(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) sejauh mana kebijaksanaan yang telah dilaksanakan selama ini di Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin, (2) untuk mengetahui faktor-faktor dan kendala apa saja dalam pelaksanaan pemberian pelayanan pada rumah makan Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin, (3) bagaimana kebijaksanaan yang seharusnya dilaksanakan pada rumah makan Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, yang melibatkan penelitian lapangan atau pengamatan langsung terhadap objek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan beberapa temuan penting. Pertama, terdapat dampak positif dari kebijakan peningkatan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin. Kedua, peningkatan kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di restoran tersebut. Temuan ini mendukung pandangan bahwa aspek-aspek fisik seperti tata letak ruangan, ketersediaan tempat parkir, kebersihan, kerapian, kenyamanan ruangan, peralatan komunikasi yang lengkap, dan penampilan karyawan, semuanya berkontribusi untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pelanggan. Ketiga, hasil penelitian menyarankan beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh Waroeng Pondok Bahari Banjarmasin, termasuk memastikan lokasi yang mudah diakses, menggunakan alat komunikasi modern bagi karyawan, dan mengadopsi sistem pembayaran yang up-to-date. Semua langkah ini diharapkan dapat berkontribusi pada kesuksesan dan perkembangan bisnis mereka di masa depan.


Kata Kunci


Kepuasan Pelanggan; Kualitas Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2015). Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama Bandung.

Alfaridzi, M. F., & Budiani, M. S. (2021). Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan x. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8).

Arisutha, Damartaji (2005). Dimensi Kualitas Pelayanan. Penerbit Gramedia Pustaka, Jakarta.

Bahar, A., & Sjahruddin, H. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang.

Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 82-92.

Diponughoro, A. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kemampuan Inovasi Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Daya Tarik Produk sebagai Variabel Intervening.

Djunaidi, M., Setiawan, E., & Hariyanto, T. (2006). Analisis kepuasan pelanggan dengan pendekatan fuzzy service quality dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(3), 139-146.

Faradiba, S. R. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Nasabah. Diponegoro Journal of Management, 1-11.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan

konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2).

Novia Susanti, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Astellas Pharma Indonesia Area Depok.

Pranatawijaya, V. H. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Menu Rumah Makan. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(1), 21-29.

Pratiwi, Ahmad Muhtadi, Emma Surahman. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Obat di Depo Farmasi Anggrek RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung.

Putro, S. W., Samuel, H., Karina, R., & Brahmana. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Nasabah Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1-9.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Penelitian Manajemen Sains Indonesia.

Tjiptono, F. (2013). Prinsip-Prinsip Totality Service. Yogyakarta. Andi Offset

Wibisaputra, A. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas

Elpiji 3 KG.

Wijaya, R. S., & Prasetyawati, M. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Guna Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dalam Melakukan Perawatan Kendaraan di AUTO2000 Pramuka Memakai Metode Service Quality. Prosiding Semnastek.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12488

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.