KEBIJAKAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA SHOWROOM AL-MUGHNI MOTOR

Raihan Fadila(1*), Mohammad Zainul(2), Purboyo Purboyo(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian bertujuan untuk menguji : (1) Bagaimana kebijakan yang diterapkan oleh UD Showrom Al-Mughni Motor untuk meningkatkan kinerja karyawan, (2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkamn kebijakan pengembangan kualitas sumber daya manusia pada UD showroom Al-Mughni, (3) Upaya apa yang dilakukan oleh UD showrom Al-Mughni Motor dalam menerapkan kebijakan pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan Metode Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan metode observasi atau melakukan pengamatan langsung ditempat penelitian pada UD Showroom Al-Mughni Motor dan metode wawancara yang dilakukan dengan pemilik Showroom beserta para karyawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan pengembangan sumber daya manusia berperan penting bagi karyawan untuk menunjang kinerja karyawan di UD Showroom Al-Mughni Motor apabila melakukan pengembangan pada setiap karyawan yang bekerja agar bisa lebih meningkatkan hasil kinerja karyawan yang maksimal dan sesuai aturan.

Kata Kunci


Kebijakan; Pengembangan; Sumber Daya Manusia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, H. (2017). Peranan manajemen sumberdaya manusia dalam organisasi. Warta Dharmawangsa, (51).

Achmad, tubagus, 2015. Konsep-konsep DasarManajemen Personalia Masa Kin (Bandung:Refika Aditama).

Dewa Ayu, & Diyah Sri. (2020). Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 1(1), 1-11.

Firdaus, & Purboyo. (2021). Work Engagement and Leadership Impact on The Performance of Millennial Employees. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 1(3), 267–275. https://doi.org/10.59889/ijembis.v1i3.23

Hadari Nawawi, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Heidjrachman dan S. Husnan. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta:(BPFE).

Iskandar, Jusman. 2012. Kapita Selekta Teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga

Kandou, Erlin Emilia. "Pengaruh pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap produktivitas kerja karyawan (studi pada PT. Air Manado)." Acta diurna komunikasi 2.3 (2013).

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 1997, Dasar- Dasar Pemasaran, Edisi ketujuh, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro(Jakarta: Prenhallindo).

Malayu, S. P. 2001."Hasibuan, Manajemen dasar, pengertian dan masalah." Jakarta: Bumi Aksara

Munawar, Haris. "Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pengembangan Agama Islam terhadap Koordinasi Penyuluh dengan Pengawas Pendidikan Agama Islam untuk Mewujudkan Efektivitas Program Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan UNIGA 11.1 (2017): 18-25.

Solong H. Aras, 2009.Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta. Graha ILmu

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan(Yogyakarta : Graha Ilmu).

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952-962.

Tachjan. 2008. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI BandungPuslit KP2W Lemlit UNPAD.

Thoha, Miftah. 2002. Pembinaan Organisasi: Proses Diagnosa dan Intervensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utomo, S. D., & Wirdayanti, A. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF; PERSPEKTIF STRATEGI KEBIJAKAN PUBLIK. Jurnal MoZaiK, 13(1), 58-70.

Yohanes Arianto Budi Nugroho, 2019. Pelatihan dan Pengembangan SDM, Jakarta

Yulis Wulandari. (2020). Analisis Pengembangan Manajemen SDM dalam menghadapi Krisis Covid-19. Jurnal Benchmark. 3(1). 27-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12487

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.