ANALISIS MOTIVASI KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. MANDALA MULTIFINANCE BANJARMASIN

Rabiatul Adawiah(1*), Husnurrofiq Husnurrofiq(2), Purboyo Purboyo(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui motivasi kerja yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Mandala Multifinance Banjarmasin, (2) untuk mengetahui motivasi kerja yang sebaiknya dilakukan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Mandala Multifinance Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik analisis data Milles dan Huberman dengan teknik pengumpulan data studi pustaka, interview, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi Kerja yang dilakukan oleh PT. Mandala Multifinance Banjarmasin sudah cukup baik, dengan motivasi yang diberikan membuat karyawan merasa senang dalam bekerja karena merasa dihargai sehingga mereka melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan SOP perusahaan. (2) Motivasi Kerja yang sebaiknya dilakukan oleh PT. Mandala Multifinance Banjarmasin yaitu dengan memberikan pelatihan secara merata kepada semua karyawan agar kinerja karyawan terus meningkat dan tidak menurun, selain itu juga perlu adanya pemberian kesempatan dari atasan kepada karyawan untuk maju sehingga hal ini juga dapat meningkatkan kinerja karyawan.

Kata Kunci


Kinerja Karyawan; Motivasi Kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep Dan Indikator. Yogyakarta: Zanafa Publishing.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dessler, G. (2015). Manajemen Sunber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Firdaus, & Purboyo. (2021). Work Engagement and Leadership Impact on The Performance of Millennial Employees. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 1(3), 267–275. https://doi.org/10.59889/ijembis.v1i3.23

Roswani, E. (2018). Analisis Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Makassar).

Hasibuan, Malayu S.P (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, M. A. (2021) Analisis Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sadulur Karya Bersama Di Banjarbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Toyibah, P. T. (2021). Analisis Motivasi Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Agrabudi Gas Utama Barito Kuala (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Sastrohadiwiryo. (2013). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke sebelas. Prananda Media Group, Jakarta

Rifa’I, T. A. (2021). Analisis Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Konveksi ESGE Sablon Ponorogo (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo).

Wardani, Z. R. (2019). Analisis Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Tanteka Screen Printing Ponorogo (Doctoral Dissertation, IAIN PONOROGO).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12486

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.