ANALISIS KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN KOPERASI KONSUMEN SYARIAH ARRAHMAH BANJARMASIN

Muhammad Raul Refansyah(1*), Erni Alfisah(2), Rina Rina(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini mengeksplorasi peran penting kedisiplinan dalam meningkatkan kinerja karyawan di lingkungan Koperasi Konsumen Syariah Arrahmah Banjarmasin. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai bagaimana kedisiplinan dijalankan dalam berbagai aspek pekerjaan dan dampaknya terhadap prestasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan karyawan memiliki implikasi signifikan terhadap pencapaian kinerja optimal. Kedisiplinan mencakup komitmen untuk mematuhi prosedur, menghormati tenggat waktu, dan menjaga standar kualitas yang tinggi. Kedisiplinan yang kuat berkontribusi pada efisiensi operasional, pemenuhan tanggung jawab, dan motivasi intrinsik karyawan. Hasil penelitian ini menyoroti hubungan yang kompleks antara kedisiplinan, pemenuhan tugas, tanggung jawab, dan motivasi, yang secara bersama-sama membentuk budaya kerja yang positif dan lingkungan kerja yang produktif. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan dapat mengembangkan strategi pengelolaan sumber daya manusia yang berfokus pada peningkatan kedisiplinan karyawan melalui pelatihan, pengawasan yang efektif, dan pengenalan mekanisme penghargaan yang relevan. Dengan demikian, peningkatan kedisiplinan kerja dapat secara langsung mendukung pencapaian tujuan perusahaan dan memperkuat kinerja keseluruhan.


Kata Kunci


Budaya Kerja Positif; Efisiensi Operasional; Kedisiplinan; Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Al Qalam Media Lestari.

Andre Hardjana. 2019. “Komunikasi Organisasi : Strategi Interaksi Dan Kepemimpinan.”

Rajawali Pers.

Armstrong & Baron. 2019. Performance Management: Key Strategies and Practical Guidelines. Kogan Page Publishers.

Armstrong, M. 2014. Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice.

Kogan Page Publishers.

Hasanah, H. 2017. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 1:8.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori Dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rivai. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Robbins & Judge. 2017. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods).

Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12481

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.