PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GUNA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. SETIATAMA MEGA KONSULTAN BANJARMASIN

Muhammad Fitriyanoor Salsabil(1*), Mohammad Zainul(2), Prihatini Ade Mayvita(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Kondisi sumber daya manusia pada PT. Setiatama Mega Konsultan Banjarmasin 2) Pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui Pendidikan dan pelatihan pada PT. Setiatama Mega Konsultan Banjarmasin 3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kualitas sumber daya manusia pada PT. Setiatama Mega Konsultan Banjarmasin. Rancangan dan metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu proses penelitian untuk mengakaji suatu fenomena yang terjadi di lapangan dengan menciptakan gambaran yang menyeluruh dan kompleks yang dapat disajikan dengan kata-kata, melaporkan pandangan terinci yang diperoleh dari sumber informan lalu dianalisis dan di interprestasikan serta ditarik suatu kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 3 orang terdiri dari pimpinan serta karyawan, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi sumber daya manusia pada PT. Setiatama Mega Konsultan Banjarmasin khususnya pada tingkat Pendidikan lebih didominasi oleh jenjang diploma dan strata satu dengan jurusan teknik konstruksi yang paling utama, karena perusahaan ini adalah perusahaan perencanaan jasa konstruksi yang lebih banyak memerlukan sumber daya manusia pada bidang tersebut. (2) Pengembangan kualitas sumber daya manusia pada PT. Setiatama Mega Konsultan dilakukan dengan memberikan program pendidikan jangka pendek atau disebut dengan pelatihan karyawan untuk mendapatkan sertifikasi ahli dari lembaga pelatihan dalam hal menangani proyek yang di berikan oleh perusahaan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber daya manusia pada PT. Setiatama Mega Konsultan terdiri dari beberapa faktor pendukung utama yaitu lingkungan kerja perusahaan, komunikasi yang transparan, jenjang karir serta fasilitas kerja. Adapun faktor penghambat pengembangan sumber daya manusia pada PT. Setiatama Mega Konsultan yaitu kemampuan karyawan pada suatu bidang, perubahan suatu teknologi, kurangnya pemahaman tentang materi dan instruksi pada saat pelatihan serta kurangnya akses pendidikan  pada perusahaan.


Kata Kunci


Kinerja; Pengembangan Kualitas SDM; Pendidikan; Pelatihan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhari, I. Z. (2021). Pendekatan Knowledge Management & Motivasi.

Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam.

Ananto, P. (2021). Buku ajar soft skills untuk pendidikan vokasi rev.

Asanudin, S. (2020). Analisis Peranan Pendidikandanpelatihandalam Peningkatan Kinerjapegawai.

Banmairuroy, W., Kritjaroen, T., & Homsombat, W. (2022). The effect of knowledge-oriented leadership and human resource development on sustainable competitive advantage through organizational innovation’s component factors: Evidence from Thailand ’s new S- curve industries. Asia Pacific Management Review, 27(3), 200–209. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.09.001

Fuad, N. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Daya Saing terhadap Kinerja Organisasi (Studi pada Koperasi Anugrah Mega Mandiri Manado). Jurnal EMBA, 5(2), 1653–1663.

Gu, X. S., & Zhang, Z. X. (2021). Analysis on Intelligent Management of Human Resources in Urban Community under Normalized Epidemic Prevention and Control. Procedia Computer Science, 199, 924–928. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.01.116

Hariani, A. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pegawai Di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang.

Hartono, J. (2018). Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data.

Hasan, N. A. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan.

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 04.

Joski, V. C., Putri, Y. R., & Supratman, L. P. (2015). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Sma Regina Pacis Bogor. E-Proceeding of Management, 2(2), 2330–2336.

Johannes, A. W. (2018). Analisis Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 3(1).

Juwita, R. (2019). Analisis Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Pada Pegawai BPS Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 2(2), 1-11.

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43-50.

Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Man, S. (2020). Analisis Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Akuntanika, 6(1), 38-45.

Mukhlison Effendi. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40

Nugraha, R. (2016). Pengaruh Pengembangan Sumberdaya Manusia, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Morowali. Katalogis, 4(10).

Nur Aziz, & Dewanto, I. J. (2022). Model Penilaiann Kinerja Karyawan dengan Personal Balanced Scorecard. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(2), 168–177. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i2.218

Rachmawati, Ike Kusdyah (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset, Hal. 123-125

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rozalena, A., & Dewi, S. K. (2017). Manajemen pendidikan dan pelatihan bagi karyawan. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Sri Wahyuningsih. (2019). Pengaruh Pelatihan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja

Karyawan.

Setyawan, F. E. B., & Supriyanto, S. (2020). Manajemen rumah sakit. Zifatama Jawara. Suparno Eko Widodo. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Suryani, N. K., Sugianingrat, I. A. P. W., & Laksemini, K. D. I. S. (2020). Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Nilacakra.

Tannady, Hendy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Expert

Tulus, Moh Agus ,.et.al.1992. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 188 hlm.;21cm




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.