ANALISIS KEBIJAKAN SELEKSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PUTERA RAJA SEJAHTERA CABANG BANJARMASIN

Made Intana Kumala Sari(1*), Husnurrofiq Husnurrofiq(2), Purboyo Purboyo(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kebijakan seleksi karyawan yang dilakukan pada PT. Putera Raja Sejahtera Cabang Banjarmasin (2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Putera Raja Sejahtera Cabang Banjarmasin (3) Untuk menganalisa bagaimana kebijakan seleksi dan motivasi yang sebaiknya dilakukan oleh PT. Putera Raja Sejahtera agar kualitas karyawan meningkat. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan seleksi penerimaan karyawan baru masih kurang tepat dikarenakan dalam merekrut karyawan terkadang perusahaan masih menggunakan sistem rekomendasi tergantung situasi dengan tidak mengesampingkan fungsi dari kebijakan seleksi yang ada di perusahaan. Motivasi kerja pada PT. Putera Raja Sejahtera Cabang Banjarmasin sudah tergolong baik dan dapat dirasakan oleh karyawan mulai dari pemberian insentif, jenjang karir, jaminan khusus dan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi.


Kata Kunci


Kebijakan Seleksi; Kinerja Karyawan; Motivasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansory, A., & Meithiana, I. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Ardhi, Rillopan Budi; Sitio, Vera Sylvia Saragi. (2020). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Kayawan Bagian Produksi PT. Kingfood Bekasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1, 1-15.

Atriyani, Meilda. (2020). Analisis Kebijakan Dan Motivasi Pada Koprasi Kesejahteraan Karyawan (KEKAR) Tanah Bumbu. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB), 1-13.

Fajar, S. A., & Heru, T. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Sebagai Dasar Meraih Keunggulan Bersaing). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajamen YKPN.

Firdaus, & Purboyo. (2021). Work Engagement and Leadership Impact on The Performance of Millennial Employees. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 1(3), 267–275. https://doi.org/10.59889/ijembis.v1i3.23

Hadad, Al. (2019). Analisis Kebijaksanaan Seleksi Dan Motivasi Kerja Karyawan Pada CV. Rizkitama Solusindo. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB), 1-7.

Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasim, Zameer; Ali, Shehzad; Nizar, Waqar; Amir, Muhammad. (2014). The Impact of the Motivation on the Employee's Performance in Beverage Industry of Pakistan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 1, 293-298.

Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktik). Jakarta: Rajawali Press.

Muliawati, Rani; Masrin, Indra; Putri, Yosi Eka. (2014). Pengaruh Proses Seleksi Karyawan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Motivasi Karyawan Pada PT. Bank Mandiri Persero Cabang. Pendidikan Ekonomi, 1, 1-10.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia . Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suwatno, & Priansa, D. J. (2016). Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.