KEBIJAKSANAAN INOVASI GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS SARANG WALET(STUDI USAHA BURUNG WALET PT.ADIPURNA MRANATA JAYA KAPUAS)

Fitriany Fitriany(1*), Mohammad Zainul(2), Apriya Santi(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kebijakan inovasi yang diterapkan perusahaan sarang burung walet Adipurna Mranata Jaya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas sarang waletnya 2) Produktivitas sarang walet yang dihasilkan selama ini 3) Kualitas sarang burung walet PT.Adipurna Mranata Jaya Kuantitas sarang burung yang diproduksi sejauh ini. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif yang tidak merefleksikan angka statistik. Subyek yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Adipurna Mranata Jaya merupakan studi lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara dan literatur untuk mengumpulkan informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) PT. Adipurna Mranata Jaya menggunakan inovasi seperti pengembangan metode dan teknologi modern, termasuk pengering udara, sistem ventilasi, dan pemantauan kondisi sarang. Upaya ini meningkatkan produktivitas dan mutu sarang burung dengan pakan berkualitas, pengaturan suhu, dan kelembaban yang optimal. Selain itu, mereka juga mengoptimalkan faktor lingkungan, pakan, jenis sarang, 2) dalam proses produksi, menghasilkan sarang burung walet lebih padat, seragam, dan bersih 3) PT. Adipurna Mranata Jaya menghasilkan sarang burung walet berkualitas tinggi dengan proses teliti, menggunakan bahan baku terbaik dari spesies burung walet asli. Perusahaan ini meningkatkan kualitas dengan metode dan teknologi kontemporer, serta menjaga kebersihan selama proses pembudidayaan untuk hasil yang bersih dan bebas dari kotoran dan hama


Kata Kunci


Inovasi; Kualitas; Produktivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Rahman. (2015). Analisis Kebijaksanaan Promosi Dan Saluran Distribusi Pada Ud.Banjar Karya Lestari Banjarmasin

Anggriani, N. (2021). Produktivitas usaha budidaya sarang burung walet dalam meningkatkan kesejahteraa peternak walet di Kabupaten Dompu (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Ahmad. (2020). Manajemen Strategi. Makassar: CV. Nas Media Pustaka

Damayanti, Risqi .(2022). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Sarang Burung Walet (Collacalia Fuciphaga) Di Desa Pelaju Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan (Studi Kasus: Usaha Sarang Burung Walet Bapak Jamal).Perpustakaan UBT: Universitas Borneo Tarakan.

Heny parmana, (2020). Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan melalui motivasi kinerja pada CV tehnik grub mandiri (TGM) di Banjarmasin

Hidayat, F. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Sarang Burung Walet (Collocalia fuciphaga) Di Desa Atap Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan.

Ikmilta., Lastri., 2019. ”Produktivitas Usaha Budidaya Sarang Burung Walet dalam meningkatkan pendapatan usaha di Desa Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar ditinjau menurut ekonomi islam”. (Pekan Baru: UIN Syarif Kasim, 2019).

Muliati, M., & Dawiya, B. (2022). Studi Usaha Sarang Burung Walet dalam Meningkatkan Pendapatan Desa. Jurnal Mirai Management, 7(1), 182-199.

Nisa, A. C. (2021). “Analisis Tingkat Pendapatan Petani Walet Di Desa Samba Danum,Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan,Provinsi Kalimantan Tengah” (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Prasetya, W., & Chandra, A. (2015). Peningkatan Produktivitas melalui Peningkatan Kualitas Kerja, Kepemimpinan, dan Kompensasi pada PT. Kmk Global Sports. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36789.

Raco, J. (2018, July 18). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. B. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 93-104.

Sholihin, D. R. pada bulan November 2020 menghadirkan topik "Pembangunan Pertanian Sarang Burung Walet yang Bermutu" dalam Konferensi Bisnis, Ilmu Sosial, dan Teknologi Inovasi (Vol. 1, No. 1, hal. 269-277).

Syahrantau, G. dan M. Yandrizal. 2018. Analisis Usaha Sarang Burung Walet Dikelurahan Tembilahan Kota (Studi Kasus Usaha Sarang Burung Walet Pak Sutrisno). Jurnal Agribisnis Unisi. 7(1) : 74-85.

Wahyuni, D. S. (2021). Ulasan Sarang Burung Walet Sebagai Pangan Fungsional, Acta Veterinaria Indonesiana, 9(3), 201-214.

Yanuar Apriasyah, (2021). Analis Peran motivasi terhadap peningkatan semangat kerja di bengkel las Kula Marabahan




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12465

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.