ANALISIS MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. BORNEO ARTA MANDIRI BANJARMASIN

Fatimah Fatimah(1*), Husnurrofiq Husnurrofiq(2), Purboyo Purboyo(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Motivasi yang dilaksanakan PT. Borneo Arta Mandiri Banjarmasin untuk meningkatkan kinerja karyawan, (2) Motivasi yang seharusnya dilakukan oleh PT. Borneo Arta Mandiri Banjarmasin dalam meningkatkan kinerja karyawan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan merupakan penelitian  tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan ovservasi, wawancara, angket atau kueseoner, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Borneo Arta Mandiri Banjarmasin yang berjumlah 10 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi yang diberikan oleh PT. Borneo Arta Mandiri Banjarmasin saat ini sudah berjalan dengan baik yaitu dengan gaji yang cukup untuk karyawan, memberikan lingkungan kerja atau kondisi pekerjaan yang aman, nyaman serta mendukung, memberikan sarana kerja yang proporsional, memberikan pengargaan terhadap pekerja yang mempunyai prestasi maupun pujian, kenaikan jabatan bagi pekerja yang selalu meningkatkan kinerjanya, memberikan tunjangan hari raya kepada karyawan, memberikan bonus atau insentif kepada karyawan. (2) Apa yang dilakukan pimpinan untuk memotivasi karyawannya saat ini sudah baik, namun harus lebih di tingkatkan lagi. Karena ada beberapa karyawan yang merasa kondisi kerja kurang nyaman, memberikan penghargaan kepada pekerja yang berprestasi serta bonus yang kurang merata, dan pemberian bonus yang kurang merata. Maka dari itu diharapkan pimpinan terus memberikan perhatiannya kepada karyawan dalam hal motivasi.


Kata Kunci


Motivasi; Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV syakir Media Press.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Ansory M.M, Indrasari ST M.M (2018). Buku Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Asli. Sidoarjo. Indomedia Pustaka.

Arifin, K. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Telkom Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (Studi kasus pada PT. Telkom Makassar STO Balaikota). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(3).

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta:Penerbit Gava Media.

Busro, Muhammad. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenamedia Grup.

Diawati, H., Komariah, K., & Norisanti, N. (2019). Peran Motivasi Kerja dan Efikasi Diri (Self-efficacy) dalam Meningkatkan Kinerja karyawan. Journal Of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 99-108.

Fahmi, Irham 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, terori dan aplikasi.Alfabeta, Bandung.

Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT BukuSeru.

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketujuh Belas. Jakarta. Bumi aksara.

Hidayah, V. (2021). Analisis Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Hotel Taufina Solok. Jurnal Pariwisata Bunda, 1(2), 45-62.

Kadarisman. (2017). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PTRajaGrafindo Persada.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber DayaManusia (teori dan praktik). Depok : Raja GrafindoPersada.

Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja, Cetakan Kesatu. Bandung: PT.Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (CetakanKesebelas ). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua. Bandung: CV Alfabeta.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: PenerbitUniversitas Indonesia

Mubarok, E. S. (2017). Manajemen sumber daya manusia pengantar keunggulan bersaing. Penerbit In Media, Bogor.

Nawawi, Ismail. 2017. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta:PT. Fajar Iterpratama Mandiri.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60-74.

Ridhoni, A. (2021). Analisis Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Toko Rdh Textile Banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Rivai, H. Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Robbins, Stephen P., Timothy A. Judge. (2016). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.

Shavab, F. A., Nasfi, N., Purboyo, P., Karyanto, B., Hikmah, H., Kartika, R. D., ... & Larasati, R. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.