KEBIJAKSANAAN MOTIVASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. SAUDAGAR BORNEO BERKAH

Bayu Wardana(1*), Mohammad Zainul(2), Purboyo Purboyo(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Untuk mengetahui kebijaksanaan motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Saudagar Borneo Berkah. (2) Untuk mengetahui kendala yang di hadapi oleh perusahaan dalam menerapkan kebijaksanaan motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawannya. (3) Untuk mengetahui Upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengatasi kendala yang di hadapi dalam menerapkan kebijaksanaan motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawannya. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan pemimpin PT. Saudagar Borneo Berkah Kandangan. Selanjutnya, analisis statistik digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan kebijaksanaan motivasi kerja yang tepat, PT Saudagar Borneo Berkah dapat meningkatkan kinerja karyawan dan mencapai keunggulan kompetitif di pasar. Penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi manajemen perusahaan dalam mengembangkan strategi dan kebijakan motivasi kerja yang efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan serta mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Kata Kunci


Kebijaksanaan; Kinerja Karyawan; Motivasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S. (2018). Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Jiaganis, 3(1).

Anam, S., & Hanik, E. U. (2020). Problematika Kebijakkan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 73-81.

Ansari, 2015. Analisis Motivasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Pada Koperasi Karyawan PDAM Bandarmasih Banjarmasin.

Bugis, T. M. R. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PD. Pembangunan Kota Medan (Doctoral dissertation).

Chandra, 2014. Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Pada PT KRSA PUSAKA TIRTA LESTARI Di Banjarmasin.

Dessy Shinta, 2020. Perhadap Kinerja Karyawan Grand Padma Hotel DiTenggarong Kutai Kartanegara.

Dwianto, A. S., Purnamasari, P., & Tukini, T. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. JAEIL INDONESIA. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 209-223.

Etika Roswani, 2018. Analisis Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fahmi, 2018. Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT KAMIKAWA PRAKASA Batulicin Tanah Bumbu. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin.

Febrianti, S., Musadieq, M. A., & Prasetya, A. (2014). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja (studi pada karyawan PT. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang). Brawijaya University.

Firdaus, & Purboyo. (2021). Work Engagement and Leadership Impact on The Performance of Millennial Employees. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 1(3), 267–275. https://doi.org/10.59889/ijembis.v1i3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.12457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.