HUBUNGAN ABNORMALITAS DENGAN KADAR ANTIOKSIDAN SUPEROXIDE DISMUTASE (SOD) PADA TINGKAT PENGENCER DAN LAMA SIMPAN SEMEN MENTOG DI SUHU KAMAR

Fitriani Fitriani(1*), Erna Yuniati(2), M. Irwan Zakir(3)

(1) Magister Peternakan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fapet UN PGRI Kediri
(3) Faperta Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas semen setelah penampungan mengalami penurunan apabila tidak ditangani dengan baik.    Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui pengaruh hubungan Superoksida Dismutase (SOD) dengan abnormalitas dalam tingkat pengencer dan lama simpan pada semen mentog yang di suhu kamar.    Mentog yang digunakan dalam  penelitian ini adalah 4 ekor ternak entog  jantan berumur sekitar 1,5 – 2 tahun.       Metode penelitian yang digunakan metode eksperimental dengan Split Plot pola petak terbagi.   Faktor pertama sebagai Petak Utama adalah tingkat pengencer yaitu 0(A0); 5 X(A1);10X(A2) dan 15X (A3),  faktor kedua sebagai Anak Petak adalah lama simpan  0(B0); 60 (B1); 120  (B2) dan 180 menit yang disimpan  pada  suhu kamar.     Berdasarkan hasil tersebut bahwa pada Tingkat pengenceran dan lama simpan semen di suhu kamar mentog tidak berpengaruh nyata terhadap abnormalitas dan aktivitas Superoxida Dismutase (SOD).


Keywords


abnormalitas, Superoksida Dismutase ,semen mentog

References


Bebas, W. 2002. Pengaruh Lama Penyimpanan Semen Ayam Hutan Hijau (Gallus varius) pada Suhu 40C Terhadap Daya Hidup Spermatozoa dan Fertlitas Telur Ayam Kampung (Gallus domesticus)..

Dorota, S. dan M, Kurpisz. 2004. Reactive Oxygen Species and Sperm Cells. Jounal Reproduction Biology and Endocrinology, March 2: 1-7

Fitriani, 2011. Tingkat Pengenceran dan dosis Semen Entog terhadap Fertilitas Telur Hasil Persilangan Entog dengan Itik Melalui Teknologi IB. Veterinaria medika.vol 4,no 3.Unair.Surabaya.

Fitriani, 2009. Kajian Penambahan Alfa Tokoferol dengan Lama Penyimpanan dan Suhu Berbeda terhadap Kualitas Semen Entog. Disertasi UB.Malang.

Ihsan, M. 2008. Upaya Peningkatan Konsentrasi Spermatozoa Hasil Pemisahan dengan Sentrifugasi Gradien Densitas Percol pada Sapi Frisien Holstein (FH). Disertasi Program Pascasarjana Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya Malang.

Kelso, K.A.A., Redpath,R.C., Nobie., dan Speake. 1997. Lipid and Antioxidant Changes in Spermatozon and Seminal Plasma Throughout the Reproductive Period of Bull. Jurnal or Reproduction and Fertility

Susilawati, T. 2003. Fisiologi Spermatozoa: Kapasitasi, Reaksi Akrosom dan Fertilisasi. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Malang.

__________. 2005. Fisiologi Spermatozoa dalam buku 2: Tehnologi Reproduksi. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya

Steel, R.G.D. dan J.H.Torrie. 1990. Prinsip dan Prosedur Statistika. Suatu Pendekatan Biometrik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tai Liu, j.J and Tai, C, 1991. Mule Duck Production in Taiwan. Artificial Insemination of Duck Food & Fertilizer Technology Center. Extension Bulletin no. 328: Pp 1 –6

Toelihere, M.R, 1993. Inseminasi Buatan pada Ternak. Penerbit Angkasa bandung. Anggota IKAPI. Jawa Barat




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v7i2.7151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitriani Fitriani, Erna Yuniati, M. Irwan Zakir

E-ISSN  2477- 4731

Al Ulum: Jurnal Sains dan teknologi = Al Ulum: Jurnal Science and Technology by Islamic University of Kalimantan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JST.