SISTEM INFORMASI KAS MESJID AGUNG SYUHADA PELAIHARI BERBASIS WEB

Fauzi Yusa Yusa Rahman(1*), Ony Putri Handayani(2), Erfan Karyadiputra(3)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Mesjid Agung Syuhada Pelaihari merupakan bangunan tempat ibadah bagi umat muslim mesjid ini merupakan mesjid tertua di Kabupaten Tanah Laut. Mesjid Agung Syuhada Pelaihari dibangun pada tahun 1935, terletak di jalan Taqwa, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang memiliki  pengurus mesjid seperti ketua, sekretaris, bendahara dan lain lain. Bagian kepengurusan seperti bendahara di Mesjid Agung Syuhada Pelaihari terdapat masalah yang terjadi di antaranya seperti pernah terjadinya kesalahan dalam pengelolaan dana kas didalam sistem yang dijalankan pada pengelolaan data kas mesjid menggunakan Microsoft Excel yang setiap harinya membuat file berdasarkan  tanggal, file tersebut nantinya akan di print out setiap hari jumat untuk di beritahukan kepada Jemaah sebelum melakukan sholat jumat, pada sistem yang ada saat ini membuat beberapa informasi tidak tersampaikan dengan benar kepada para jamaah, sulitnya dalam pencarian data kas pada saat diperlukan dan kurangnya media penyampaian informasi dalam pengelolaan data kas mesjid. Penelitian bertujuan untuk membuat sistem informasi kas Mesjid Agung Syuhada Pelaihari berbasis web, dengan adanya sistem informasi ini akan membantu dalam pengelolaan kas masuk mesjid, kas keluar mesjid, dan laporan-laporan yang diperlukan dalam pengelolaan kas mesjid agung syuhada pelaihari.

Kata Kunci


Sistem Informasi, Kas, Mesjid, Web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


FY Rahman (2021). Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Laundry Berbasis Web. Technologia: Jurnal Ilmiah 12 (2), 125-132.

FY Rahman (2019). APLIKASI PENGELOLAAN PELAKSANAAN PROYEK BERBASIS WEB PADA CV. PUTERI MURAKATA. Technologia: Jurnal Ilmiah 10 (4), 212-218.

Ahmad, L., & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen: Buku Referensi. (Syarifuddin, Penyunt.) Banda Aceh: Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA).

Amarudin, & Sofiandri, A. (2018). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ikhtisar Kas Mesjid Istiqomah Berbasis Dekstop. Jurnal Tekno Kompak, 1-6.

Ambo, T., & Hati, K. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Kas Berbasis Web di Masjid Al Madinah Tangerang. Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 7(1), 55-68.

Andini, N., & Kusumadiarti, R. S. (2022). Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Kas Berbasis Dekstop di Masjid Pusdai Jawa Barat. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(4), 36513665.

Anggraini, R. (2021, September). Rancangan Bangun Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web (Studi Kasus: Masjid Al-Muttaqin). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2, No. 3, 109118.

Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP & MYSQL Secara Ototidak. Jakarta Selatan: Media Kita.

Badharudin, A. Y., & Wijaya, S. A. (2020, April). Pengembangan Sistem Informasi Masjid KH. Ahmad Dahlan Berbasis Website. SAINTEKS, 17 No. 1, 73-82.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Kusrini. (2007). Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Persada.

Purnasari, M., Hartiwi, Y., & Nurhayati. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Dana Masjid Berbasis Web Menggunakan Unified Modelling Languange (UML). Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, 2(6), 258-264.

Rahmat, H. (2010). Cara Praktis Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Setiawan, D. (2017). Buku Sakti Pemograman Web. Yogyakarta: Start Up.

Setiawan, K. (2010). Mesjid-mesjid Bersejarah di Jakarta. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v2i1.13695

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.