Pemodelan Data Warehouse Distribusi Produk Kesehatan di PT. Bima Sakti Medica

Setenilaus Aditya(1*), Martinus Ponco Pamungkas(2), Andri Wijaya(3)

(1) Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
(2) Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
(3) Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan dalam memberikan sebuah patokan menyeluruh kepada PT. Bima Sakti Medica mengenai beberapa permasalahan, seperti masalah efisiensi manajemen persediaan, rendahnya kualitas data, kinerja pemantauan yang tidak optimal, dan kesulitan dalam mengelola rantai pasok serta mengintegrasikan data keuangan. Untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, solusinya diajukan dalam bentuk sebuah model yang dipergunakan untuk mengumpulkan seluruh data. Data ini diperlukan untuk distribusi produk kesehatan dan menggunakan pendekatan Data Warehouse. Pendekatan tersebut melibatkan pengumpulan berbagai jenis data ke dalam satu tempat penyimpanan, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menganalisis informasi yang diperlukan. OLTP menjadi elemen kunci dari Data Warehouse, berfungsi sebagai langkah awal dalam pemodelan sumber data, diikuti oleh proses ETL sebagai landasan untuk membentuk skema gudang data. Oleh karena itu, model ini agar dijadikan pedoman untuk menghasilkan informasi yang berharga untuk manajemen PT. Bima Sakti Medica dalam penelitian yang akan datang.

Kata Kunci


Data Warehouse, OLTP, ETL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abhinaya, B., & Wiratama. (n.d.). Improving The Data Management: ETL Implementation On Data Warehouse At Indonesian Vehicle Insurance Industry. International Journal of Science.

Anshari, & Retno. (2023). Penerapan Metode Nine-Step Kimball Dalam Pengolahan Data History Menggunakan Data Warehouse dan Business Intelligence. Jurnal Ilmu Komputer.

Aprianto, Y. A., Kusneti, L., & Ratu, A. (2023). Prototype Data Warehouse Kantor Penilai Publik XYZ Dengan Metode Nine-Step Kimball. Journal Of Informatics And Busisnes .

Bill, A., Fu, S., & Parker, S. T. (2023). Snowflake Schema-Based Data Warehouse for Analyzing Crash, Citation, And Warning Traffic Safety Records. International Conference on Transportation and Development, 51-61.

Hafidh, K., Daffatama, N., Yulianto, & Saputra. (2023). Sistem Aplikasi Website Profil Dan Data Warehouse Pada PT. Petro Dharma Pratama (Retester). JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation.

Ji, Chen, Wang, Zhang, M., & Wu, Y. (2023). Falcon: Fast OLTP Engine for Persistent Cache and Non-Volatile Memory. 531-544.

Sari, A. (2022). Implementasi ETL (Extract Transform Load) Pada Data Warehouse.

Siburian, Rumapea, & Sarkis. (2023). Rancang Bangun Data Warehouse Sistem Informasi GMKI Cabang Medan. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi .

Sugioyo. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Susanto. (2019). Pemodelan Data Warehouse Distribusi Produk di PT. X. INTENSIF. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 196.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jssi.v2i1.13364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



© 2022 Jurnal Sains Sistem Informasi

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.