SEGMENTASI POLA TEKSTUR CITRA KUNING TELUR UNTUK MENGENALI JENIS AYAM KAMPUNG MENGGUNAKAN FILTER GABOR

Muhammad Sipan(1), Harmini Harmini(2*)

(1) Teknik Elektro Universitas Semarang
(2) Universitas Semarang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini membahas tentang segmentasi citra kuning telur ayam kampung dengan filter yang mampu mensimulasikan karakteristik sistem visual manusia dalam mengisolasi frekuensi dan orientasi tertentu dari citra yang bisasa kita sebut filter Gabor. Langkah pertama mengambil data yaitu berupa citra kuning telur ayam kampung. Kedua melakukan pre-processing citra sebelum di segmentasi, tujuanya agar citra tersebut lebih presisi, selanjutnya segmentasi citra dengan metode yang digunakan sehingga dapat dihasilkan pemisahan objek dengan latar belakang dari citra tersebut .

Prosses Segmentasi pola tekstur citra kuning telur untuk mengenali jenis ayam kampung menggunakan filter gabor memerlukan empat tahapan, tahapan pertama mengenali citra asli kuning telur, setelah kita dapat mengenali citra kuning telur kemudian kita memfilter citra tersebut dengan nilai λ dan sudut θ dengan nilai tertentu. Pada penelitian ini penulis menggunakan nilai λ=3,5, 4,5, 5,5, dan 6,5. Sudut θ sebesar 0, 45, 90 dan 135. Proses selanjutnya adalah dilakukan operasi thresholding pada citra magnitude dengan nilai threshold yang sudah di tentukan yaitu sebesar 1000. Tahap terakhir atau keempat adalah memvisualisasikan hasil segmentasi terhadap citra asli kuning telur ayam kampung.

              Hasil penelitian yang di hasilnya menujukan bahwa dengan nilai λ dan θ yang berbeda beda pemisahan objek dengan beckground dapat dikenali sehingga dengan menggunakan filter gabor segmentasi cira kuning telur ayam kampung dapat di lakukan dengan hasil yang baik sehingga dapat digunakan untuk sebuah pengambilan keputusan pengenalan kuning telur ayam kampung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Muzami, Oky Dwi Nurhayati, Kurniawan Teguh Martono, 2016 Aplikasi Identifikasi Citra Telur Ayam Omega-3 Dengan Metode Segmentasi Region Of Interest Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.4, No.2, April 2016 (e-ISSN: 2338-0403)

Nurhayati D.O, 2020, Pengolahan Citra untuk Identifikasi Jenis Telur Ayam Lehorn dan Omega-3 Menggunakan K-Mean Clustering dan Principal Component Analysis, JSINBIS, Universitas Diponegoro

Sipan Muhammad, Kartika Roni P., 2017 Analisis Tekstur Photo Lama Menggunakan Fitur Tekstur Gray Level Co-Occurrence Matriks Pada Pewarnaan Citra Otomatis. Semarang.

Ustin Sousa, Rasoul Kabirzadeh, Patrick Blaes, 2013 “Automatic Colorization of Grayscale Images”, Department of Electrical Engineering, Stanford University,

Susanto adi, Kadir abdul, 2012

Teori dan aplikasi pengolahan citra, Penerbit andi, Yogyakarta.

Shoffan S., Sunardi, Yudhana A., 2016, Analisis Perbandingan Pengolahan Citra Asli Dan Hasil Croping Untuk Identifikasi Telur, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Rahayu, I. H. (2003). Karakteristik Fisik, Komposisi Kimia dan Uji Organoleptik Telur Ayam Merawang Dengan Pemberian Pakan Bersuplemen Omega-3. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol. XIV.

Syahrul Awalludin Sidiq, Dessy Irmawati, 2016, Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Telur Berdasarkan Ukuran, UNY, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v14i1.8480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.