RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BEASISWA (STUDI KASUS: UNISKA MAB BANJARMASIN)

Dian Agustini(1*), Muthia Farida(2), Mayang Sari(3), Muhammad Edya Rosadi(4)

(1) Fakultas Teknologi Informasi
(2) Fakultas Teknologi Informasi
(3) Fakultas Teknologi Informasi
(4) Fakultas Teknologi Informasi
(*) Corresponding Author

Sari


Beasiswa adalah bantuan biaya pendidikan untuk peserta didik yang tidak mampu atau peserta didik yang berprestasi. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin sebagai penyelenggara pendidikan menawarkan beasiswa, ada beberapa beasiswa yang ditawarkan antara lain Beasiswa Uniska Peduli (Prestasi), Atlet dan Tahfiz. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut maka mahasiswa wajib mengumpulkan persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kampus ke bagian Kemahasiswaan, ini sering menyebabkan terjadinya penumpukan berkas, untuk mengatasi hal tersebut dalam penelitian ini dirancang sistem informasi beasiswa untuk mengelola data calon penerima beasiswa dan mempunyai fasilitas penyimpanan fail digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Waterfall. Dalam penelitian ini berhasil dirancang bangun sistem informasi beasiswa studi kasus pada UNISKA MAB, saran untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan proses dan hasil seleksi yang lebih rinci dengan menambahkan beberapa metode pendukung keputusan agar membantu proses seleksi calon penerima beasiswa, selain itu dapat dikembangkan berbasis web untuk calon penerima beasiswa dapat mengunggah berkas, mengetahui tahapan dan hasil seleksi langsung secara daring.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Beasiswa, Universitas, Delphi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprida, C.D. and Samopa, F. (2013) “Pembuatan Sistem Informasi Beasiswa Internal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Menggunakan PHP dan MySQL,” JURNAL TEKNIK POMITS, 2(2), pp. 350–354.

Hadi, S.M. and Samad, A. (2019) “Sistem Informasi Pengolahan Data Bantuan Beasiswa Siswa Miskin (BSM) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara,” Jurnal Ilmiah ILKOMINFO, 2(1), pp. 1–10.

Pemerintah Republik Indonesia (2008) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan.

Sommerville, I. (2010) Software Engineering: Rekayasa Perangkat Lunak. Edited by Y. Hanum and H.W. Hardani. Jakarta: Erlangga.

Susanto, E.B., Maulana, M.R. and Christianto, P.A. (2018) “Penerapan Framework Codeigniter dan Library ION Auth Pada Sistem Informasi Monitoring Penerima Beasiswa,” IC-Tech, 8(1), pp. 49–54. Available at: http://ejournal.stmik-wp.ac.id.

Suwarti and Catriwari (2020) “Sistem Informasi Penyeleksian Beasiswa Prestasi Kota Pekanbaru Pada Kantor Gubernur Provinsi Riau Berbasis Web,” Jurnal Intra Tech, 4(1), pp. 90–97.

UNISKA MAB Banjarmasin (2022) Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISKA MAB 2021/2022, https://uniska-bjm.ac.id/?page_id=1760.

Wijaya, J. and Geasela, Y.M. (2021) “Pembangunan Aplikasi Beasiswa Universitas XYZ Dengan Metode Electre,” JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(2), pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.30813/jbase.v4i2.2998.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v13i3.7558

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.