PERANCANGAN APLIKASI PENDAFTARAN KEPENDUDUKAN TINGKAT KECAMATAN

Hidayatul Rahman(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dan Seksi Pemerintahan tingkat kecamatan, memiliki tugas pendataan dokumen administrasi kependudukan. UPTD memiliki tugas menyelenggarakan pelayanan Administrasi kartu keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sedangkan seksi pemerintahan memiliki tugas menyelenggarakan pelayanan Administrasi Surat Keterangan Pindah, registrasi Surat Keterangan Kependudukan dan pembuatan laporan kependudukan. Dalam proses pendataan registrasi masih dilakukan secara manual.
Permasalahan yang dihadapi oleh Unit pelaksana teknis dinas dan seksi pemerintahan adalah proses pelacakan data registrasi sangat sulit di lakukan karena menggunakan buku, proses pengarsipan berkas tidak secara digital. Sehingga memakan tempat, dan rumitnya dalam pembuatan laporan sehingga cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran.
Dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pada UPTD dan seksi Pemerintahan Tingkat Kecamatan dapat menyelesaikan masalah tersebut sehingga dapat memaksimalkan penyelenggaraan administrasi kependudukan yang tadinya manual menjadi terkomputerisasi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v7i3.634

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.