APLIKASI PELAYANAN PROGRAM HAJI, UMRAH PRIORITAS DAN JADWAL KEBERANGKATAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA

Fitrah Yuridka(1*), Zaenuddin Zaenuddin(2), Sefto Pratama(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

Kantor Kementrian Agama Kabupaten Barito Kuala terdiri dari beberapa bidang yang mempunyai tugas yang berbeda-beda dalam bidangnya masing-masing yaitu bidang haji dan umroh, bidang pendidikan madrasah, bidang pekapontren, bidang pendidikan agama islam, Bidang penyelenggara syari‟ah, Zakat, dan wakaf dan bidang bimas (bimbingan masyarakat).

Dari beberapa bidang di atas ada satu bidang yang paling banyak berhubungan dalam segi pelayanan kepada masyarakat yaitu di bidang haji dan umroh, Haji dan umrah – hukum, Syarat, Rukun, Sunah Haji dan Umrah. naik haji ke Baitullah adalah rukun islam yang terakhir yang artinya berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan  amal ibadah sesuai dengan syarat, rukun, dan waktu yang telah ditentukan. Haji dan umrah adalah menjadi salah satu bagian dari yang di urus oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

kebanyakan pelayanannya masih dilakukan secara manual langsung datang ke kantor dan memerlukan proses yang panjang dan cukup lama dan dari segi aplikasi yang sudah ada yaiu SISKOHAT para calon jamaah haji masih jadi satu dengan jamaah umum dari segi pelayanan dan dari segi informasi pun masih sangat minim sehingga calon jamaah yang sudah tua atau berumur masih perlu menunggu lama bertahun tahun

Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan uji pustaka. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu terciptanya aplikasi yang dapat mempermudah dalam proses pengolahan data, penyimpanan data, pencarian data serta pembuatan laporan dengan sistem aplikasi berbasis web.

 

Kata Kunci : Aplikasi, Pelayanan Haji dan Umrah, Web


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i3.5176

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.