RANCANG BANGUN MEDIA PROMOSI KAMPUS BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI PADA UNISKA BANJARMASIN)

Dwi Agung Wibowo(1*), Muhammad Rais Wathani(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Media  promosi adalah hal yang sangat penting untuk suatu universitas agar diketahui oleh khalayak ramai, dalam hal ini UNISKA memberi beberapa cara promosi menggunakan media iklan yang berbagai macam, akan tetapi terkadang media iklan dianggap kurang menarik sehingga membuat informasi di dalamnya tidak tersampaikan dengan bagus. Untuk mengatasi hal di atas salah satu teknologi yang semakin berkembang adalah Augmented reality yang menawarkan fitur penggambaran objek menjadi lebih jelas dan rinci karena berbentuk 3 dimensi. Menggunakan teknologi Augmented reality agar promosi yang disampaikan lebih menarik dan juga interaktif. Pada penelitian ini Metode yang digunakan adalah metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun system, sedangkan untuk pembuatan aplikasinya menggunakan Vuforia dan Unity3D, sehingga dapat diimplementasikan pada aplikasi android yang mampu menampilkan gedung serta berbagai fasilitas kampus dalam bentuk 3 dimensi dan video melalui marker yang telah disediakan dalam bentuk gambar. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membuat masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap, menarik dan juga informatif mengenai profil kampus UNISKA.

 

Keywords : Augmented Reality, Media Promosi, Fasilitas Kampus, UNISKA


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i3.5173

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.