PENERAPAN METODE WATERFALL PADA APLIKASI LAUNDRY BERBASIS WEB

Fauzi Yusa Rahman(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Dinda Laundry merupakan salah satu jasa pelayanan laundry yang beralamat di perumahan Batola Residence, Handil Bakti. Dinda Laundry melayani dalam jasa cuci setrika, cuci kering, dan setrika saja. Pada saat ini pengelolaan data pelayanan laundry masih bersifat manual, yaitu pelanggan datang untuk pelayanan cuci, kemudian data pelanggan dicatat pada nota, nota tersebut terdiri dari dua lembar yaitu lembar warna putih dan lembar warna merah. Nota dengan lembar merah di bawa oleh pelanggan. Apabila pelayanan laundry sudah selesai dilakukan maka pelanggan harus menunjukkan nota merah untuk mengambil pakaian yang sudah selesai di cuci. Pengelolaan data masih menggunakan buku yang ditulis secara manual. Hal ini tentu saja banyak memiliki banyak kekurangan yang mungkin mengganggu dalam pengelolaan data, bisa saja terjadi kesalahan penulisan dan kesulitan dalam mencari data transaksi. Oleh karena itu peneliti akan membuat sebuah aplikasi berbasis web yang akan menyimpan semua data pelanggan yang melakukan pelayanan laundry dan data pelayanan yang dilakukan. Aplikasi pelayanan laundry menggunakan metode waterfall, pada metode ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan perencanaan (planning), permodelan (modeling), konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke pengguna (deployment), yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan.

 

Kata kunci: waterfall, web, dinda laundry

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatta, A., & Hanif. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing perusahaan Organisasi Modern. Yogyakarta: ANDI.

Peranginangin, K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Sunyoto, A. (2007). Pemrograman Database dengan Visual Basic dan Microsoft SQL. Yogyakarta: ANDI.

Fikri, Ihsanul., Rahman, Fauzi Y., Asegaff, ARMH., (2020). Perancangan Aplikasi Data Servis Komputer Berbasis Web Di Mellon Komputer Banjarmasin. Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April).

Wikipedia. (2019, September 7). HTML. Retrieved Oktober 1, 2019, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/HTML

Wikipedia. (2019, Oktober 1). MySQL. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL

Wikipedia. (2019, September 20). PHP. Retrieved Oktober 1, 2019, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/PHP




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v12i2.4774

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.