RANCANGAN APLIKASI PENDAFTARAN SERVICE PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK DAIHATSU BANJARMASIN

Hasanuddin Hasanuddin(1*), Andie Andie(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


PT. Astra International Tbk. Daihatsu Indonesia adalah salah satu perusahaan swasta yang terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini, diharuskan mempunyai bengkel dengan service center yang bagus, sehingga customer memiliki kepuasan tersendiri pada perusahaan tersebut. PT. Astra International Tbk. Daihatsu Banjarmasin adalah salah satu cabang yang beralamat Jl. A. Yani Km. 7.4 Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sebenarnya perusahaan sudah memiliki sebuah aplikasi pendaftaran service yang cukup baik, namun masih terdapat kekurangan pada aplikasi. Proses service dimulai dari pelanggan melakukan pendaftaran service mobil pada Service Advisor (SA), selanjutnya mobil diserahkan kepada mekanik dan bagian sparepart untuk pengecekan selanjutnya. Setelah proses service mobil selesai, maka dilanjutkan dengan proses pencucian mobil. Menurut informasi dari angket kepuasan pelanggan, pelanggan yang meninggalkan proses service tidak merasa puas dengan pelayanan service, karena petugas service seringkali lupa tidak melakukan konfirmasi secara langsung bahwa kendaraan telah selesai diservice. Hal ini seringkali terjadi dikarenakan tidak adanya sistem secara otomatis yang dapat melakukan konfirmasi secara langsung dari step posisi kendaraan yang diservice. Seharusnya setiap perubahan data status service akan di sampaikan langsung ke Handphone pelanggan melalui SMS. Jadi pelanggan dapat mengetahui sudah sampai dimana proses service mobilnya masing-masing.

Kata kunci: aplikasi, mobil, servis, SMS, web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Peranginangin and Kasiman, Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta: ANDI, 2006.

M. Subekti, Sistem manajemen Basis Data, Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 1997.

Andie, M. I. Firdaus and Hasanuddin, "Sistem Informasi Website Tracer Study di Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin," Al Ulum Jurnal Sains Dan Teknologi, vol. 4, no. 2, pp. 28-32, 2019.

M. Rasyidan, Andie and M. I. Firdaus, "Perancangan Aplikasi Absensi Kelas Berbasis SMS Gateway," Al Ulum Jurnal Sains Dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 52-57, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i2.2793

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.