SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN VARIETAS JAGUNG BERDASARKAN KESESUAIAN LAHAN DENGAN METODE PROFILE MATCHING

Zaenuddin Zaenuddin(1*), Mirza Yogy Kurniawan(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Produksi jagung dalam negeri masih bisa meningkat melalui perluasan areal tanam jagung utamanya di luar daerah jawa. Namun produktivitas meningkat, namun rata - rata produktivitas jagung nasional masih belum maksimal. Padahal teknologi produksi jagung semakin canggih.Potensi jagung di daerah Kalimantan selatan khususnya  Kabupaten Tanah Laut terbilang sangat besar namun varietas yang ditanam belum sesuai dengan spesifikasi lahan yang dimiliki. Profile matching dapat memberikan rekomendasi berdasarkan variabel kesesuaian lahan dengan varietas.Sistem penunjang keputusan yang dihasilkan telah memiliki fitur yang dibutuhkan untuk merekomendasikan varietas jagung yang sesuai dengan lahan yang akan ditanami.

 

Kata Kunci : kesesuaian lahan, profile matching, sistem penunjang keputusan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Khairunnisa. (2015). Sistem Pendukung Keputusan untuk Merekomendasikan Kesesuaian Lahan pada Komoditas Tanaman Prioritas dengan Metode Profile Matching dan AHP. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada .

. Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

. Panikkai, S. (2009). Penyebaran Varietas Unggul Jagung di Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Serealia, 509-515.

. Rostini, N. (2011). 6 Jurus Bertanam Cabai Bebas Hama dan Penyakit. AgroMedia Pustaka.

. Singh, D., Thakur, A., & Chaudhary, A. (2015). Comparative Study between Waterfall and Incrementan Software Development Life Cycle Model. International Journal of Emerging Trends in Science and Technology, 2202-2208.

. Wahyudi, K. (2008). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENEMPATAN JABATAN PADA CV. Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2008, (hal. D-61 - D-65). Yogyakarta.

. Yudi, M. R. (2012). SISTEM REKOMENDASI VARIETAS JAGUNG BERDASARKAN KESESUAIAN LAHAN MENGGUNAKAN FUZZY TAHANI. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru.

. Yusnita, H. D. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Sertifikasi Guru SD/MI oleh Kanwil Kemenag Propinsi Jatim Menggunakan Profile Matching. Surabaya: UPN "VETERAN" Jawa Timur.

. Litbang Deptan. (2008). Buku Panduan Teknis Pengelolaan Tanaman Terpadu. Jakarta: Litbang Deptan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i2.1807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.