APLIKASI JOB FAIR BERBASIS WEB PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KALIMANTAN SELATAN

Sefto Pratama(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Proses penginputan data di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan masih menggunakan sistem semi komputerisasi. Kebanyakkan dari penginputan data-datanya masih bersifat umum walaupun sudah menggunakan computer dan banyak juga yang masih dalam bentuk berkas fisik, namun belum memanfaatkan adanya komputer tersebut secara maksimal. Seperti data Perusahaan, data Pelamar dan data posisi lowongan kerja. Data-data tersebut belum terorganisir dan diolah dengan baik, sehingga akan menjadi masalah jika dikelola secara manual, karena selain tingkat kesalahan yang tinggi, juga membutuhkan waktu yang lama dalam penyusunan laporan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah Aplikasi Job Fair pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall yang umum digunakan dalam pembuatan aplikasi. Ada beberapa tahap dalam pengembangan aplikasi ini, yaitu tahap analisis, desain, koding, pengujian dan implementasi. Aplikasi ini menggunakan desain sistem Data Flow Diagram. Sedangkan pada tahap koding, aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pengguna dapat lebih mudah dalam menginput data pelamar, data perusahaan dan data posisi lowongan kerja, sehingga lebih efektif dan efisien.

 

Keywords : Aplikasi, Job Fair, Berbasis Web


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kasiman, P. (2009). Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Peranginangin, K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Hakim, Z. (2012, Agustus 16). Apa Itu Pemrograman Web? Retrieved April 2016, 28, from Pemrograman Web: http://www.zainalhakim.web.id/posting/apa-itu-pemrograman-web.html

Radhian, Fakkar Robbi. 2011. Flight Information Display System Pada Bandar Udara International Ahmad Yani Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro

Kadir, Abdul. 2008. Dasar Pemrograman Web Dinamis dengan Menggunakan PHP. Yogyakarta: ANDI

Nugroho, Bunafit. 2004. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: GAVA MEDIA

(Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.15/MEN/X/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Ketengakerjaan)

(Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.15/MEN/X/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Ketengakerjaan)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/tji.v10i1.1758

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2019 Technologia   p-ISSN: 2086-6917    e-ISSN: 2656-8047

-------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.