PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTURKTUR DI DESA ARANIO KECAMATAN ARANIO KABUPATEN BANJAR

Widiati Widiati(1*)

(1) FIA UVAYA Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Berdasarkan pembahasan diatas bahwa peran kepala desa dalam pembangunan infrastiktur desa aranio kecamatan aranio kabupaten banjar sudah menjalankan peran dengan optimal, berikut penulis simpilkan :

kepala desa dalam aspek perencanaan pembangunan sudah melibatkan semua unsur masyarakat baik itu dari masyarakat, aparat kepolisian, aparat TNI serta tokoh adat, dan tokoh agama yang dilaksanakan di balai desa dengan melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Untuk aspek memberikan pengarahan, kepala desa telah memberikan arahan kepada aparat desa untuk mensukseskan semua program pembangunan supaya tujuan pembangunan terlaksana dengan cepat dan tepat, mengajak masyarakat untuk berkerjasama atau berpartisipasi (berupa pemikiran, tenaga, atau lainnya) dalam pembangunan infrastuktur, sebelum itu telihat bahwa kepala desa mengarahkan aparat desa dalam memberikan masukan guna menyelaraskan antara pemerintah desa dan masyarakat dalam kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dan untuk aspek pengambilan keputusan, kepala desa juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam pengambilan keputusan yang dimana dilakukan pada setiap rapat musyawarah, berupa ide, pemikiran serta masukan dan saran yang di berikan oleh masyarakat desa aranio, meskipun tidak semua kritik dan saran diterima/dilaksanakan oleh kepala desa, mengingat banyaknya kritikan dan saran maka dari itu pemerintah desa memilih kritik/saran mengenai pembangunan yang sedang berlangsung saja.

Sedangkan untuk aspek koordinir dan pengawasan, pada peran ini kepala desa berkoordinasi dengan BPD Aranio sebagai mitra kerja dan dengan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), dan selain itu kepala desa telah melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung dan melakukan pengecekan kondisi lahan secara berkala  hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi yang akan dibangun sudah siap atau belum untuk dilaksanakan, selain itu kepala desa juga memastikan kualitas material yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa menggunakan bahan yang standart bertahan cukup lama.


Kata Kunci


peran; kepala desa; pembangunan; infrastuktur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adisasmita Rahardjo. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Cetakan Pertama. 2016

Aprillia Theresia dkk, Pembangunan Berbasis Masyarakat, Bandung, Alfabeta, 2014

Henryk, Stepanus. Peran Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi, Pembangunan Desa, Perencanaan, Pelakasanaan, Dan Pengawasan. Surakarta: (2017): 37

Kuncoro, 2013:20. Analisis Peran Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat. Skripsi Sarjana Ekonomi. Program Sarjana: Institut Pertanian Bogor.

Mustikawati, dkk. 2016. Partisipasi Masyarakat dalam Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Jalan. Jurnal Administrasi Publik I (5): 1141-1150.

Rahayu, Martiana, Dwi. Peran Masyarakat Dalam Pembangunan, Masyarakat Berwawasan Partisipasi, (Surakarta: Sebelas Maret University Press. 2016.

Saputra, Yudhiansyah, Eka. Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Interverensi Komunitas. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2003.

Surono, A. "Peran Kepala Desa dalam Pembangunan Infrasturktur Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser." EJournal Ilmu Pemerintahan 10.2 (2019): 10.

Theresia, Aprillia. "Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Jambu Burung Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar." Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis 1.1 (2022): 56-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v8i2.12420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.