IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM NASKAH DINAS ELEKTRONIK (SINDE) DALAM SISTEM LAYANAN PERSURATAN DI BALAI BAHASA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Mangara Siagian Siregar(1*), Syakrani Syakrani(2)

(1) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
(2) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Mangara Siagian Siregar, 2120419310010, 2023. Implementasi Aplikasi Sistem Naskah Dinas Elektronik (Sinde) dalam Sistem Layanan Persuratan di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Syakrani.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengapa penerapaan inovasi SINDE di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan mudah diterima dan diterapkan, menganalisis faktor-faktor yang membuat Aplikasi SINDE pada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan mudah diterima dan diterapkan, dan menganalisis faktor-faktor pendukung yang membuat Aplikasi SINDE pada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan mudah diterima dan diterapkan. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah tingkat kekondusifan ekologi inovasi (X1), tingkat kekuatan dukungan terhadap penerapan inovasi (X2), dan tingkat karakteristik inovasi (X3) yang berpengaruh terhadap tingkat penerapan SINDE di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini juga menganalisis pengaruh karakteristik sosial pegawai Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan terhadap penerapan SINDE dalam layanan persuratan. Karakteristik sosial yang digunakan sebagai variabel yang mempengaruhi penerapan SINDE adalah jenis kelamin, usia pegawai, dan tingkat pendidikan terhadap penerapan SINDE.

Sampel diambil sebanyak 40 orang dan dipilih dengan menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi logistik. Hasil pengujian membuktikan bahwa baik secara bersama-sama maupun secara parsial, faktor tingkat kekondusifan ekologi inovasi, tingkat kekuatan dukungan terhadap penerapan inovasi, tingkat karakteristik inovasi serta karakteristik sosial seperti jenis kelamin, usia pegawai dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap tingkat penerapan Sinde di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai yang memiliki kekondusifan inovasi yang tinggi akan cenderung menerapkan sinde 8,097 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang memiliki kekondusifan ekologi inovasi yang rendah, pegawai yang memiliki kekuatan dukungan terhadap penerapan inovasi yang tinggi akan cenderung menerapkan sinde 9,936 kali lebih besar dibandingkan dengan pegawai yang memiliki kekuatan dukungan terhadap penerapan inovasi yang rendah, pegawai yang memiliki tingkat karakteristik inovasi yang tinggi akan cenderung menerapkan sinde 4,251 lebih besar dibandingkan dengan pegawai yang memiliki karakteristik inovasi yang rendah, pegawai laki-laki di Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan akan cenderung menerapkan Sinde 3,553 lebih besar dibandingkan pegawai wanita, kemudian pegawai usia dibawah 45 tahun akan lebih berpeluang menerapkan Sinde dibandingkan dengan pegawai usia diatas usia 45 tahun sebesar 0,847, pegawai dengan pendidikan diploma ke atas akan cenderung menerapkan Sinde 4,663 lebih besar dibandingkan dengan pegawai dengan tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas kebawah.

 

 

Kata Kunci : Sinde, Sistem layanan Persuratan, Regresi Logistik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Hosmer, David W Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression Second Edition. John Wiley & Sons, Inc.

kerlinger, F. N. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral. Gadjah mada University Press.

Kotler, P., Armstrong G., Ancarani, F. G, & Costabile, M. (2019). Principi di marketing. Pearseon Italia.

Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Business Review Press.

Nurdin, U. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. CV Sinar Baru.

Rogers, E. M. (2015). Diffusion Of Innovations Fifth Edition. The Free press.

Sinambela, Lijan Poltak Sinambela, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuanitatif - Teori Dan Praktik. Rajawali Press.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Ikatan Penerbit Indonesia.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka baru Press.

Sukoco, B. M. (2007). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/as.v8i2.12122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.