PERANAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN PRIORITAS KOMPETITIF DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN ORGANISASI (Suatu Tinjauan Teoritis)

Basuki Basuki(1*), Rahmi Widyanti(2), Deli Anhar(3)

(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan MAB, Banjarmasin
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan MAB, Banjarmasin
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan MAB, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Knowledge management merupakan isu penting saat ini dalam memasuki era digital untuk
mencapai keberhasilan organisasi dalam persaingan yang semakin ketat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiagnosis dan membatasi faktor-faktor
pengetahuan yang memiliki dampak signifikan terhadap prioritas kompetitif organisasi melalui
metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor manajemen
pengetahuan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap prioritas kompetitif, hal ini
secara langsung mempengaruhi keberhasilan organisasi. Kesimpulannya, kelangsungan
hidup dan keberhasilan organisasi tergantung pada sejauh mana produk dan layanan
kompetitifnya, terlepas dari industri atau cabang ekonomi tempat organisasi itu berada.


Kata Kunci


Knowledge Management, Competitive Priority, Organization

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, S., & Schroeder, R. 2002. Dimensions of competitive priorities: Are they clear, communicated, and consistent? Journal of Applied Business Research. Vol. 18, No 1: 77-86. USA.

Akhavan, P., Hosnavi, R., & Sanjaghi, M. 2009. Identification of knowledge management critical success factors in Iranian academic research centers. Education, business and society:Contemporary Middle Eastern Issues.Vol. 2,No 4: 276-288http://dx.doi. org/10.1108/17537980911001107. UK.

Basuki, 2013, The Role of Strategic Human ResourceManagement Practice Mediated by Knowledge Management on Service Quality (Study on the Public and Private Hospitals In South Kalimantan , IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) 11 (Issue 2), 58-71.

Basuki; Widyanti Rahmi, Mursanto, 2021, Kapasitas Knowledge Management Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Inovasi Dalam Perusahaan (Suatu Tinjauan Teoritis), Al Ulum: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Volume 7 No.2, hal. 125-137

Brahma, S., & Mishra, S. 2015. Understanding ResearchableIssues in Knowledge Management: A Literature Review. Journal of Knowledge Management. Vol. 13, No 4: 43. UK.

Frost, A. 2014. A synthesis of knowledge management failure factors. Retrieved 2016, from an educational KM site: http://www.knowledge-management-tools. Net/failure.html. Netherlands.

LUO, S., & LEE, G. 2015. Applying failure mode and effects analysis for successful knowledge management. Total Quality Management. Vol. 26, No 1: 62-75. http://dx.doi.org/10.1080/14783363.2012.733263. USA.

MANUEL, E. 2016. Knowledge management and intellectual property. The IUP Journal of Knowledge Management. Vol. 14, No 1: 45-67. India.

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. 2019. Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of

Mathematics Education, 14(1), 207-231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997

Kozjek, D. 2017. Pemodelan faktor manajemen pengetahuan dan dampaknya terhadap keberhasilan organisasi. DE GRUYIER, Organizacija. Jil. 50. Tidak ada 2. Jerman.

Salman M.S., Raheemah H.S., Saeed Ali S., 2019. The Effect of Knowledge Management on Competitive Priority in Organization. Opción, Año 35, Especial No.20 (2019): 450-467




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v8i2.8603

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ALSH is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.