PELATIHAN KELOMPOK REMAJA PENCINTA ALAM DI KABUPATEN BATOLA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MELALUI PEMASARAN LILIN AROMATHERAPHY BERBASIS E-COMMERCE

Dyah Sri Wulandari(1*), Yuliarti Rezeki(2), Melviani Melviani(3), Maya Rezeki Angriani(4), Nurhayati Nurhayati(5)

(1) Fakultas Humaniora, Program Studi Manajemen, Universitas Sari Mulia
(2) Fakultas Humaniora, Program Studi Manajemen, Universitas Sari Mulia
(3) Fakultas Kesehatan, Program Studi Farmasi, Universitas Sari Mulia
(4) Fakultas Humaniora, Program Studi Manajemen, Universitas Sari Mulia
(5) Fakultas Humaniora, Program Studi Manajemen, Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Sari


Memasarkan suatu produk (product marketing) dengan efektif dan efisien menjadi salah satu hal terpenting agar tujuan perusahaan yang berkaitan dengan maksimalnya laba dapat dicapai. Product Marketing bisa dilakukan dengan melalui berbagai cara, yaitu mulai dari mouth to mouth hingga menggunakan teknologi canggih. Permasaran dengan cara yang lebih mudah pun bisa dilakukan dengan melalui sosial media, what’s app, instagram, market place dan lain sebagainnya yang sangat banyak digunakan orang saat ini, karena dianggap lebih efektif dan efisisen dalam menjangkau konsumen. Permasalahan dan sering dialami oleh seorang wirausaha UMKM yang paling mendasar adalah mind setmereka tentang konsep dari marketing dan product marketing itu sendiri. Mereka berasumsi bahwa, marketing adalah berjualan, padahal konsepmarketing tidak sebatas dalam berjualan atau bahkan hanya mencari pembeli saja, namun konsep dari marketing bisa luas dengan strategi product, price, pemilihan lokasi, dsb. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu para generasi muda yang tergabung dalam kelompok pencinta alam untuk lebih mengenal bagaimana cara memasarkan lilin aroma terapi agar lebih mengena atau tepat sasaran dalam menjaring konsumen dan menghasilkan produk dengan memanfaatkan bahan alami serta packaging yang menarik. Tahapan dalam pelaksanaan kegiatan: (1). Persiapan yang terdiri dari menyiapkan sumber-sumber informasi mengenai manfaat dari lilin aromatheraphy bagi kesehatan, alat dan bahan yang diperlukan, cara membuat lilin dan membuat akun penjual pada e-commerce.(2). Penjajakan yang dilakukan oleh tim kepada ketua RT setempat untuk meminta izin kegiatan sekaligus berdiskusi singkat dengan para remaja yang menjadi mitra dan sasaran target kegiatan. (3). Pelaksanaan, berupa pemberian informasi dan diskusi yang dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan lilin aromatherapy hingga pengemasan, kemudian tutorial membuat akun penjual pada e-commerce. (4). Evaluasi dengan memantau produk yang dihasilkan oleh peserta secara mandiri, pemakaian bahan baku, pembuatan, dan pengemasan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2020). Angka Kemiskinan Kabupaten Batola. Retrieved from baritokualakab.bps.go.id.website:https://baritokualakab.bps.go.id/indicator/23/56/1/garis-kemiskinan.html

Guenther.E, (2020),"The Essential Oil",volume I,II,IV D, Van Nostrand Company, New York

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Primadiati, Rachmi. 2020. Aromaterapi Perawatan Alami untuk Sehat dan Cantik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i3.6914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.