PERMASALAHAN MENGENAI SAMPAH ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA TEGAL KERTHA

Lailatul Fitria(1*), Gine Das Prena(2)

(1) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
(2) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
(*) Corresponding Author

Sari


Desa Tegal Kertha merupakan sebuah desa di tengah pusat Kota Denpasar yang dikenal memiliki aktivitas dan lalu lintas yang cukup padat baik dari kegiatan perekonomian, sosial budaya dan lain sebagainya. Segala keperluan yang kita butuhkan dapat dengan sangat mudah ditemukan disana. Tingginya aktivitas masyarakat menimbulkan suatu konsekuensi atas aktivitas tersebut. Dimana setiap aktivitas tentu menghasilkan residu atau limbah. Contoh kecilnya saja aktivitas bernafas yang menghasilkan limbah berupa gas karbondioksida. Begitu pula aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Tegal Kertha yang tinggi dan padat populasi tentunya akan menghasilkan limbah berupa sampah. Pengolahan limbah haruslah dilaksanakan dengan tepat dan cermat. Jika tidak maka akan timbul permasalahan baru. Seperti contohnya yang penulis temui di lapangan yaitu penumpukan sampah dan pemilahan sampah yang tidak efisien. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengantisipasi penumpukan sampah tersebut dan mengelola jenis sampah dengan tujuan terciptanya pengelolaan sampah yang efisien, efektif dan sistematis. Salah satunya melalui penyusunan formatur petugas kebersihan yang baik dan terencana dan penyediaan wadah pemilahan sampah dari bahan yang mudah di dapat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


file:///C:/Users/Fitri/AppData/Local/Temp/LAPORAN%20KKN%202303%20UNY%20.pdf

file:///C:/Users/Fitri/AppData/Local/Temp/LapAkhir_KKNPPM_SugengEkoPW_UMPurworejo.pdf

(Armadi 2021)Armadi, Ni Made. 2021. “Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Mengelola Sampah.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: 9–24.

(Mardiana et al. 2019)Mardiana, Siska, Rethorika Berthanilla, Marthalena Marthalena, and Muhammad Ryan Rasyid. 2019. “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Pengelolaan Pembuangan Dan Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Kaligandu Kota Serang.” Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 79–88.

(Taufiq and Maulana 2015)Taufiq, A, and F. M. Maulana. 2015. “Sosialisasi Sampah Organik Dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah.” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 4(1): 68–73.

(Wahyuning, Sunarto, and Wiryanto 2015)Wahyuning, Sri, Sunarto, and Wiryanto. 2015. “Pengelolaan Sampah Berbasis Peran Serta Masyarakat Di Desa Kalibeber ,.” Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2 Isu-Isu Strategis Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.