SOSIALISASI “SWIMCARD” UNTUK MENINGKATKAN DAYA TANGKAP SERTA KEMAMPUAN GERAK SISWA SLB
(1) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(4) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Sari
Media swimcard merupakan perantara dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk
meningkatkan kemampuan kognitif serta psikomotorik siswa SLB. Metode pelaksanaan
pengabdian ini dilakukan dengan berproses pada empat macam, yaitu membuat planning,
melakukan tindakan, mengobservasi dan menilai serta merefleksi. Hasil pengabdian di
slb surya bunda adalah berhasil, terbukti dilihat dari kemampuan sebelum dan
kemampuan sesudah di tes setelah mendapatkan sosialisasi swimcard renang gaya bebas.
Peningkatan kemampuan kognitif dirangsang oleh media bergambar yang menstimulus
siswa untuk lebih mengetahu gerakan renang gaya bebas yang baik dan benar. Program
pengabdian kepada masyarakat di slb hendaknya kita tingkatkan, terbukti dengan
dilaksanakannya program sosialisasi swimcard di slb surya bunda mempunyai efek yang
positif, sebagai berikut, Siswa menjadi lebih antusias dalam belajar pendidikan jasmani
terutama materi aktifitas air(renang gaya bebas), Siswa lebih menguasai pemahaman
gaya bebas dari segi teknik gerakannya, Terobosan inovasi swimcard menjadikan nilai
lebih dalam siswa belajar, Sebelum terjun kea rah praktek gerakan siswa akan lebih
mengetahui arah dan tujuan gerak yang ingin atau akan dicapai, Sebagai usaha
peningkatan literasi pendidikan jasmani di sekolah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin B. Pengembangan Gerak Dasar
Renang Untuk Anak Sekolah
Dasar. J Pemikir Dan Pengemb
Sekol Dasar. 2013;
Fathur Rahman, Hj. Silvia Ratna, Wagino
Dan NA. Pelatihan Pembuatan
Presentasi Interaktif Menggunakan
Prezi Pada Guru Di Sd It Anak
Sholeh Mandiri Banjarmasin. J
Pengabdi Al-Ikhlas ISSN 2461-
Vol 6 Nomor 2, Desember
2020;6(9):175-
Pemanfaatan Media
Pembelajaran Seharusnya M.
Rosnawati. Standar Nasional Pendidikan.
Peratur Pemerintah Republik
Indones. 2005;
Kurnia N, Astuti SI. Peta Gerakan Literasi
Digital Di Indonesia: Studi Tentang
Pelaku, Ragam Kegiatan,
Kelompok Sasaran Dan Mitra Yang
Dilakukan Oleh Japelidi. Informasi.
;
Eager D. Swimming Faster. Australas
Park Leis. 2014;
Leila Ariyani Sofia, Achmad Syamsu
Hidayat Dan MAZ. Optimalisasi
Media Sosial Sebagai Sarana
Promosi Wisata Pantai Asmara. J
Pengabdi Al-Ikhlas ISSN 2461-
Vol 5 Nomor 2, April 2020.
;5(2):133–43.
Bramantha H. Pengembangan Bahan Ajar
Penjaskes Pokok Bahasan Teknik
Dasar Renang Gaya Bebas Dengan
Pendekatan Kontekstual Pada
Siswa Kelas X Di Smk Daerah
Situbondo. JPDI (Jurnal Pendidik
Dasar Indones. 2017;
WIDIASTUTI W, HAMAMAH F.
Model Pembelajaran Renang (Fh)
Bagi Siswa Prasekolah. JPUD - J
Pendidik Usia Dini. 2017;
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i3.4501
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.