PELATIHAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Ririanti Rachmayanie(1*), Sulistiyana Sulistiyana(2)

(1) FKIP, Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
(2) FKIP, Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Pelatihan teknik asertif ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa kelas X dalam berkomunikasi interpersonal di SMA Negeri 12 Banjarmasin dengan menggunakan pendekatan konseling individual. Setelah itu dilakukan pembagian angket terhadap 30 orang siswa kelas X berdasarkan hasil observasi tak berstruktur maka didapat data 1 orang siswa memiliki kategori yang sangat tinggi sehingga perlu diberikan pendekatan konseling individual. Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 4 kali pertemuan. Hasil menunjukkan bahwa siswa telah berhasil mengurangi kecemasan sosial, berdasarkan hasil pengamatan tak berstruktur yang dilakukan oleh guru BK di SMA Negeri 12 Banjarmasin.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arumsari, Cucu. Konseling individual dengan Teknik Modeling Simbolis terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Volume 2: No 1, Tahun 2016.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Fathunnisa, Aghnia. Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja di Panti Asuhan Muslimin. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pelatihan dan Pengukuran Psikologi, Volume 1: No 1, Tahun 2012.

Febiyanti, Fina dan Rahmawati, Mira Aliza. 2007. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Pada Penyalahguna Napza Selama Masa Rehabilitasi. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia

Purwanta, Adi. 2015. Modifikasi Perilaku: Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizki, Kurnia, Suakrti, Quratul Uyun. Pelatihan Asertivitas Terhadap Penurunan Kecemasan Sosial Pada Siswa Korban Bullying. Universitas Islam Indonesia. Jurnal, Volume 3: No 2, Tahun 2015.

Siska, Sudardjo, Esti Hayu Purnamaningsih. Kepercayadan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa. Universitas Gadjah Mada. Jurnal Psikologi, No 2, Tahun 2003.

Wilding, Christine. & Milne, Aileen. 2013. Cognitive Behavior Theraphy. Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2813

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.