PENERAPAN MARKETING MIX DALAM PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KECAMATAN SANGATTA SELATAN (STUDI KASUS PADA PETERNAKAN PHILIPINES FARM)

Nursida Nursida(1*), Muhammad Yazid Bustomi(2), Muhammad Yusuf Efendy(3)

(1) Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
(2) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
(3) Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
(*) Corresponding Author

Sari


Sangatta Selatan Sub-District, East Kutai District was one of the potential areas for the development of laying hens.  The local farm that cultivates laying hens in this sub-district is Philipines Farm.  The sustainability of a business requires the ability to face the market.  Therefore, every businessman needs to implement the marketing mix. This study aims to determine the application of the marketing mix on marketing eggs of laying hens at the Philipines Farm in the South Sangatta Sub-District. This research was carried out in 2021 at the Philipines Farm by using a case study method. The results showed that the application of the marketing mix in marketing eggs of laying hens at the Philippines farm was good level with a value of 30. The application of the marketing mix in the aspect of place and price was a very good level, with scores of each 8 and 10. Based on these results, businessmen were expected to maintain the performance of instruments of place and price. Meanwhile, the implementation of product and promotion aspects was good enough level with scores of 7 and 5. The strategy could be used by improving the performance of the instrument in product and promotion aspects.


Kata Kunci


Marketing mix, Skala Likert, Pemasaran Telur, Philipines Farm

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chamim Rosyidinˡ, Sumarji, Ahsin Daroini (2019). Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kabupaten Kediri. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/filliacendekia. Diakses tanggal 2 September 2022.

Darwanti, F., Bambang, A.N. dan H. D. Utami. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Membeli Telur Asin “Chozin” Dan “Rahayu” Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Artikel Ilmiah dalam https://fapet.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/Jurnal-Baru-1-Kop.pdf. Diakses tanggal 2 September 2022

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur, 2014. Produksi Telur Kaltim Capai 15.295,9 Ton. Artikel online dalam: https://peternakan.kaltimprov.go.id. Diakses tanggal 10 September 2021

Dinas Peternakan Kabupaten Kutai Timur. 2017. Data Konsumsi Telur Ayam Ras. Diakses pada tanggal 1 April 2020.

Hakim, H.L., , Edy Wahyudi, I Ketut Mastika. (2012). Implementasi Bauran Pemasaran Pada PT. Cartenz Indonesia Cabang Jember. UNEJ JURNAL XXXXXXXXX 2012, I (1): 1-17 dalam https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/71605. Diakses tanggal 2 September 2022.

Hanifawati, T., A. Suryantini, J. H.Mulyo. 2017. Pengaruh Atribut Kemasan Makanan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Pembelian. Agriekonomika, 6(1) 2017: 72-85 | 73.

Heriyanto. 2021. Pengaruh Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 6 No. 1 (2021) hlm. 1-14.

Hidayat, R.T., dan S. Zuliarni. 2014. Pengaruh Lokasi Usaha Pada Volume Penjualan (Survei pada Restoran Kecil di Lingkungan Universitas Riau). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 9 No. 2, Juli 2014 : 92-100

Jannah M., dan F. F. Ashal (2019). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Berbasis Syariah Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Produk Nozy Juice Di Kota Banda Aceh. Jihbiz Vol. 1 No. 1 Januari 2019 : 47-66

Kabaretam. 2021. 70 persen Telur Ayam di Kutim Masih Dipasok Dari Luar Daerah. Artikel ilmiah dalam: https://kabaretam.com/2021/08/25/persen-dipasok-daerah/, diakses tanggal 2 September 2022

Kurniawan, M.F.T., , Dwi Putra D., dan N.W, Sri Astiti. 2013. Strategi Pengembangan Agribisnis Peternakan Ayam Petelur di Kabupaten Tabanan. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 1, No. 2, Oktober 2013 ISSN: 2355-0759 : 53-66

Meiria E., 2017. Ekuitas Merek Dan Keputusan Pembelian: Studi Pada Konsumen Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Depok. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 7 (1), April 2017 P-ISSN: 2087-2038; E-ISSN: 2461-1182 Halaman 111 – 130.

Mudra, I.W. 2010. Desain Kemasan Produk. Pelatihan Pembuatan Kemasan Puslit Seni Kreasi Baru LP2M ISI Denpasar. 19-23 April 2010

Nursida, N.Kusumawati, Y.L.Minganga. 2021. Analisis Beberapa Faktor yang Berpengaruh terhadap Volume Penjualan Telur Ayam Ras pada PT. Manuntung Raya, Balikpapan Utara. Jurnal Pertanian Terpadu 9 (2): 105-117, Desember 2021.

Ratnasari, I; Edi Suswardji, 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fungisida PT. Bayer Cropscience Pada Para Petani Di Kecamatan Rawamerta. Manajerial, Vol. 15 No.1 Juni 2016, Hal – 87.

Selang, Christian A.D. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA 71 Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80.

Tjiptono, F. 2000. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta

Widyantara, P. R. A., G.A.M. Kristina Dewi, I N. T. Ariana. 2016. Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Telur Konsumsi Ayam Kampung Dan Ayam Lohman Brown. ISSN : 0853-8999 : 5-11

Zaini, A. (2011). Analisis Prospek Pemasaran Ayam Petelur di Kalimantan Timur. EPP, 8(1), 1–8




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v48i1.9439

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.