KONDISI STATUS HARA TANAH DAN JARINGAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq) YANG TERDAPAT DI KEBUN KELAPA SAWIT BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH PERKEBUNAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Yudhi Ahmad Nazari(1*)

(1) Fakultas Pertanian ULM
(*) Corresponding Author

Sari


Pemupukan merupakan suatu upaya penyediaan unsur hara yang cukup guna mendorong pertumbuhan vegetatif tanaman yang sehat dan produksi tandan buah segar (TBS) yang maksimal dan ekonomis serta ketahanan terhadap hama dan penyakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kandungan unsur-unsur hara yang terdapat di dalam daun kelapa sawit dan tanah dari aplikasi pemupukan yang telah diberikan melalui pengambilan contoh daun dan tanah. Penelitian ini dilaksanakan di kebun kelapa sawit Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan Penelitian ini dilakukan dengan mengambil contoh daun sebanyak 60 sampel daun yang terletak pada pelepah daun kelapa sawit ke-17 dan mengambil 4 contoh tanah yang telah dikompositkan dari beberapa titik pengambilan di sekitar pohon kelapa sawit. Hasil penelitian menunjukkan masih rendahnya kandungan hara yang terdapat pada tanah dan jaringan tanaman kelapa sawit, sehingga perlu adanya perbaikan kultur teknis di kebun kelapa sawit.

kata kunci : Status hara, Kultur Teknis, Kelapa Sawit.

Kata Kunci


Status hara, Kultur Teknis, Kelapa Sawit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmosarkoro,W., Sutarta, S.E dan Winarna. 2007. Lahan dan Pemupukan Kelapa Sawit. Pusat penelitian Kelapa Sawit. Medan.

Lukman Fadli,M.,Z.Poeloengan dan Elsye L.S. 2001. Efektifitas Penempatan dan Penentuan Tingkat Efesiensi Pupuk P Pada Tanaman Kelapa Sawit Menghasilkan dengan ³²P. Jurnal Penelitian Kelapa Sawit. Vol.9 (1).

Lubis, U,A. 2008. Kelapa Sawit di Indonesia. Edisi 2. Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Medan.

Pahan, I. 2006. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sugiono dan Z.Poeloengan. 1998. Kriteria Hara K, Ca, Mg dapat dipertukarkan untuk tanaman kelapa sawit. Warta Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Medan.

Sugiono,E.S.Sutarta,W.Darmosarkoro, dan H.Santoso 2005. Peranan Perimbangan K, Ca dan Mg Tanah Dalam Penyusunan Rekomendasi Pemupukan Kelapa Sawit. Prosiding Pertemuan Teknis Kelapa Sawit 2005. Medan.

Sukarji, Sugiono dan Darmosarkoro. 2000. Pemupukan N, P, K, Ca dan Mg pada Tanaman Kelapa Sawit pada Tanah Typic Distropept di Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Kelapa Sawit. Vol.8 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v45i3.3375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.