IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN KAPAR (Belontia hasselti) YANG DIPELIHARA DI KOLAM TERPAL

Frid Agustinus(1*), Gusliany Gusliany(2)

(1) Universitas Kristen Palangka Raya
(2) Universitas Kristen Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ektoparasit pada ikan Kapar (Belontia hasselti) yang dipelihara di kolam terpal. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel ikan Kapar yang mengalami gejala penyakit di kolam terpal. Identifikasi ektoparasit pada ikan dilakukan di laboratorium. Sebagai pembanding juga dilakukan pengambilan sampel ikan Kapar di sungai Sebangau tempat asal ikan ini diambil untuk melihat apakah ada ektoparasit bawaan dari alam. Hasil penelitian memperlihatkan serangan ektoparasit banyak terdapat di insang ikan. Jenis ektoparasit diperoleh 3 ektoparasit antara lain Dactylogyrus sp, Myxobolus sp, Vorticella sp. Namun, ektoparasit yang menyerang ikan Kapar lebih dominan jenis Dactylogyrus sp. Kisaran suhu dan pH masih normal untuk kehidupan ikan Kapar. Namun Kisaran DO dikolam terpal lebih rendah yaitu berkisar 3 mg/l dibandingkan di sungai Sebangau yaitu berkisar 4 mg/l meskipun sudah ada tambahan aerasi, kemungkinan hal inilah yang menyebabkan ikan mengalami stress.


Kata Kunci


identification, ectoparacite, kapar fish

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, J. 2011. Identifikasi Parasit pada Ikan Betok (Anabas testudieus).

Journal of Bioscientiae. 8 (2) : 36-45.

Daulae, A.S., Suryanto, D., Desrita. 2018. Identifikasi Jenis-Jenis Ektoparasit pada Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Aquacoastmarine 6 (1) : 123-132.

Daulay, A.A., Rumondang, Puspitasari, D. 2018. Pengaruh Pemberian Pakan Alami Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Larva Ikan Selinca (Belontia hasselti). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan. Tema : ”Strategi Membangun Penelitian Terapan yang Bersinergi dengan Dunia Industri, Pertanian dan Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Global”. Kisaran.

Handajani, H., Samsundari, S. 2005. Parasit & Penyakit Ikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Harlina, H., Hadijah S., Kamaruddin., Nurhidayah, Nurwahyudin. 2019. Prevalensi dan Intensitas Ektoparasit pada Ikan Nila (Oreocromis niloticus) yang Diberi Pakan Bungkil Kelapa Hasil Fermentasi dalam Wadah Terkontrol. Journal of Indonesian Tropical Fisheries 2 (2) : 192-205.

Hasanah, N., Robin, Prasetiyono, E. 2019. Tingkat Kelangsungan Hidup dan Kinerja Pertumbuhan Ikan Selincah (Belontia hasselti) dengan pH Berbeda. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia 7 (2) : 99-112.

Kadarsah, A., Muhamat., Hidayaturrahmah. 2017. Keanekaragaman Jenis dan Prevalensi Ektoparasit pada Lima Jenis Ikan Komersial di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat. Bioscientiae 14 (1) : 1-8.

Khumaidi, A., Hidayat, A. 2018. Identifikasi Penyebab Kematian Massal Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) di Sentra Budidaya Ikan Gurami, Desa Beji, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Journal of Aquaculture Science Oktober 3 (2): 145-153.

Manurung, U.N., Gaghenggang, F. 2016. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Kolam Budidaya Kampung Hiung, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Budidaya Perairan 4 (2) : 26-30.

Noga, E.J. 2010. Fish Disease Diagnosis and Treatment. 2nd Edition. USA : Wiley- Balckwell.

Nurekawati, A.D., Mahasri, G., Yunus, M. 2016. Identifikasi Myxobolus sp. Pada Famili Cyprinidae dengan Metode Molokuler di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jurnal Biosains Pascasarjana 18 (2).

Prihartini, N. C., Alfiyah A. 2017. Myxosporeasis in Koi (Cyprinus carpio). Samakia Jurnal Ilmu Perikanan 8 (1) : 6-10.

Salam, B., Hidayati, D. 2017. Prevalensi dan Intensitas Ektoparasit pada Ikan Gabus (Channa striata) dari Tangkapan Alam dan Budidaya. Jurnal Sains dan Seni ITS 6 (1).

Sudaryatma, P.E., Eriawati N.N., Panjaitan I.F., Sunarsih N.L. 2013. Histopatologi Insang Ikan Lele (Clarias bathracus) yang Terinfestasi Dactylogyrus sp. Acta Veterinaria Indonesiana 1 (2) : 75-80.

Welsiana, S., Yulintine, L., Septiani, T., Wulandari, L., Trisliana, Yurenfrie, Limin, SH., Haraguchi, A. 2012. Composition of Macrozoobenthos Community in The Sebangau River Basin, Central Kalimantan, Indonesia. Tropics 21 (4) : 127 – 136.

Yuli, A. 2008. Kinerja Pertumbuhan Ikan Gurame pada Media Bersalinitas 3 ppt dengan Paparan Media Listrik. [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v45i2.2990

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.