FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK DI KOTA SALATIGA

Putri Kurniasih(1*), Tinjung Mary Prihtanti(2)

(1) Pertanian dan bisnis - UKSW
(2) Pertanian dan bisnis - UKSW
(*) Corresponding Author

Sari


Sayuran organik merupakan tumbuhan berupa daun – daunan, polongan atau bijian yang diproduksi secara organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi resmi. Penelitian dilakukan di Kota Salatiga pada Bulan April – Mei 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Non Probability Sampling dengan teknik accidental. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 sampel yang terdiri dari 35 sampel rumah tangga konsumen yang memutuskan untuk membeli sayuran organik dan 30 sampel rumah tangga yang memutuskan membeli sayuran non organik. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Analisis Regresi Logistik. . Hasil dari penelitian ini adalah menyatakan bahwa Variabel umur (X1) dan variabel pendapatan (X2)  tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk variabel lama pendidikan (X3), harga sayuran (X4), lokasi pembelian (X5), kualitas sayuran (X6) dan efek bandwagon (X7) berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian dalam pembelian sayuran organik.


Kata Kunci


keputusan konsumen, pembelian, sayuran organik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriani, Yumira. 2017. Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. JdC, Vol. 6, No. 2.

Andilla Y. 2011. Analisis Sikap Konsumen dalam Membeli Sayuran Segar di Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan. [Skripsi]. Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Anggiasari, Ni Made. 2016. Sikap dan Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Organik oleh Konsumen di Kota Bandar Lampung. [Skripsi]. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, Banar Lampung.

Ghozali. I. Aplikasi Analisis Multivariate

dengan Program SPSS. Edition 12. Semarang.

Lesmana, T dan A.S. Hidayat. 2008. National Study on Organic

Agriculture. LIPI

Sugiarto dan Harijono, 2000. Peramalan Bisnis. Gramedia Pustaka, Jakarta.Universitas Diponegoro, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v44i3.2106

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.