STRATEGI PEMASARAN AGROWISATA KEMBANG JAONG DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Arista Damayanti(1*), Astik Drianti(2), Reza Sofiandi(3)

(1) Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara
(2) Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara
(3) Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran agrowisata Kembang Jaong di Kecamatan Tenggarong, dengan menitik beratkan pada identifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data primer dan sekunder dari berbagai sumber, termasuk pemilik usaha, pengelola, karyawan, dinas pariwisata, pengunjung, masyarakat sekitar, serta kepala adat Desa Bensamar di Kabupaten Kutai Kartanegara, yang dilakukan selama periode 2021 hingga 2022. Analisis SWOT digunakan sebagai alat untuk merangkum faktor-faktor tersebut, dengan hasil matriks IFE sebesar 0,623 dan matriks EFE sebesar 0,742. Berdasarkan analisis ini, Kembang Jaong berada di kuadran I, yang menunjukkan strategi agresif, sehingga menghasilkan 9 alternatif strategi utama dengan prioritas pada strategi SO (Strengths Opportunities). Melalui metode QSPM, penelitian ini kemudian mengidentifikasi prioritas dari 9 strategi alternatif tersebut berdasarkan nilai STAS tertinggi. Salah satu strategi yang menempati peringkat tertinggi adalah "Memberikan Kemudahan Akses Jalan Yang Baik untuk Meningkatkan Minat Wisatawan," dengan nilai STAS sebesar 6,408.

 


Kata Kunci


Pemasaran, Strategi, Agrowisata, SWOT, QSPM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diaudin, M. (2022). Business Model Canvas : Perencanaan Strategi Pengembangan Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Media Wisata, 20(1).

Dinas Parwisata Kabupaten Buleleng. (2021). Proposal Pengembangan Desa Agrowisata Berbasis Tri Hita Karana di Desa Sambangan Kabupaten Buleleng.

Dwijatenaya, I. B. M. A., Damayanti, A., & Jainuddin, J. (2021). Pengembangan Usahatani Jagung Pipilan di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara: Pendekatan Analisis SWOT. Agro Bali : Agricultural Journal, 4(3), 489–500. https://doi.org/10.37637/ab.v4i3.802

Fahrudin, N. T., Setyowati, R., & Wibowo, A. (2023). Pengembangan Agrowisata Jlengut Indah dan Dampaknya terhadap Masyarakat Desa Karangduren Kebonarum Klaten. Journal of Tourism and Creativity, 7(1), 2023. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/index

Hakim, L., & Malik, I. (2012). STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA DI KABUPATEN BANTAENG: Vol. II (Issue 2).

Hasan, Iqbal. (2017). Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.

Huda, R. (2022). Strategi Pengembangan Agrowisata Durian di Desa Lumbang Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 2. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora

Kasim, Muh., Yahya, M., & Ridwan, M. (2022). Pemetaan Sebaran Daya Tarik Wisata Di Desa Bulo Sebagai Kawasan Agrowisata Kab Polewali Mandar Sulawesi Barat. Jambura Geo Education Journal , 3(1).

Ketut, G., Winata, A., Made, I., Atmaja, D., Made, N., Sanjaya, W. S., Ekonomi, F., Pendidikan Ganesha, U., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Dharma, S. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN AGRO PUNCAK BUKIT CATU BERBASIS AGROWISATA BERKELANJUTAN. Jurnal EK&BI, 6, 2620–7443. https://doi.org/10.37600/ekbi.v6i2.1193

Kholil, A. Y., & Mutiara, F. (2018). ANALISIS POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA. Buana Sains, 18(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing (13th ed.). Prentice Hall.

Masanda, F. B., Maharani, E., Kurnia, D., Agribisnis, J., & Pertanian, F. (2024). Strategi Pengembangan Agrowisata Persawahan Poyotomo. Jurnal Triton, 15(2). https://doi.org/10.47687/jt.v15i2.755

NABILA, I., YUDHARI, I. D. A. S., & DEWI, I. A. L. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap Agrowisata Taman Edelweis di Kabupaten Karangasem Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 11(1), 200. https://doi.org/10.24843/jaa.2022.v11.i01.p19

Purnama Sari, D. M. F., Tiara Dewi, N. K. A., & Oka Martini, I. A. (2024). TRANSISI POLA PEMASARAN : PERSPEKTIF PELAKU BISNIS AGROWISATA PADA MASA PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT TEGALLALANG BALI. Jurnal Riset Entrepreneurship, 7(1), 71. https://doi.org/10.30587/jre.v7i1.6764

Ramdani, Z., & Karyani, T. (2020). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA DAN DAMPAKNYA TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus pada Agrowisata Kampung Flory, Sleman, Yogyakarta). MIMBAR AGRIBISNIS Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis., 6(2), 675–689.

Rangkuti, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sandrio, L., Jangku, W. S., Budiman, A. A., Yuliani, P., & Seran, N. Y. (2024). Strategi Pemasaran Agrowisata Ngalor Kalo Lembor. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2). https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Suwarsito, S., Suyadi, A., Hidayah, A. N., & Mujahid, I. (2022). Strategi Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Sainteks, 19(2), 231. https://doi.org/10.30595/sainteks.v19i2.15171

Utama, I. G. B. R. (2011). Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif. In https://www.academia.edu/57508305/Agrowisata_Sebagai_Pariwisata_Alternatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v50i1.16259

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.