PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN SUNGAI JINGAH 4 BANJARMASIN

Hartati Hartati(1*), Agus Dian Mawardi(2), Muhammad Ihsan Ramadhani(3)

(1) FKIP - UVAYA
(2) FKIP - UVAYA
(3) FKIP - UVAYA
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media online dengan hasil belajar pada pembelajaran matematika kelas V SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan jumlah populasi sebanyak 72 siswa dan jumlah sampel sebanyak 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Alat penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi untuk mengetahui data-data yang diperlukan. Pengolahan data dengan uji validitas dan reliabilitas sedangkan analisis data dilakukan untuk menemukan hasil penelitian secara keseluruhan dengan uji-t, pengambilan kesimpulan dan analisis data ini dilakukan dengan kuantitatif menggunkan rumus T-Test. Kesimpulan yang telah didapat dalam penelitian pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media online terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika Di SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin, dengan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung 1,702 > ttabel 1,666 dengan   df = 70 dan α = 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan berbeda.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Musfiqon, M. & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Mustaqim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. (Online), Volume 2, 1. http://103.55.216.56/index.php/alasma/article/view/13646/8447.

Pane, A & Dasopang, M.D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. (Online), Volume 3, 2. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukiman. 2017. Sistem Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v4i2.8714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International