PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY DAN GROUP INVESTIGASI DENGAN SETTING LINGKUNGAN

Najimatul Ilmiyah(1*)

(1) UIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRACT

Basically, the use of inquiry learning models and investigative group type cooperative learning models with environmental settings in the learning process can not only improve learning outcomes but also improve student character behavior and social skills. This study aims to (1) describe the character behavior of students through inquiry learning models and investigative groups with environmental settings (2) describe students' social skills through inquiry learning models and investigative groups with environmental settings. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Character behavior data and social skills of students were obtained from the observation sheet of character behavior and social skills of students. Data collection using observation techniques. The data analysis technique used qualitative analysis techniques. From the results of data analysis and research conclusions, the following findings were obtained: Based on the results of structured observations of character behavior and social skills that should be carried out by students during the teaching and learning process, there was an increase in the percentage from the first meeting to the second meeting. This illustrates that inquiry-based learning with a cooperative approach and set with environmental conditions is said to be successful in improving the character behavior and social skills of students during the learning process.

Keywords: Character Behavior, Social Skills, Inquiry, Group Investigation, Environment

 

ABSTRAK

Pada dasarnya penggunaan model pembelajaran inquiri dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigasi dengan setting lingkungan dalam proses pembelajaran tidak hanya dapat meningkatkan hasil belajar tetapi juga dapat meningkatkan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mendeskripsikan perilaku berkarakter peserta didik melalui model pembelajaran inquiry dan group investigasi dengan Setting Lingkungan (2) mendeskripsikan keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran inquiry dan group investigasi dengan Setting Lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data perilaku berkarakter dan keterampilan sosial peserta didik diperoleh dari lembar pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Dari hasil analisis data dan kesimpulan penelitian, diperoleh temuan sebagai berikut: Berdasarkan hasil observasi terstruktur terhadap perilaku berkarakter dan keterampilan sosial yang seharusnya dilakukan peserta didik selama proses belajar mengajar berlangsung terjadi peningkatan prosentase dari pertemuan I ke pertemuan II. Ini menggambarkan bahwa pembelajaran berbasis inquiri dengan pendekatan kooperatif dan disetting dengan kondisi lingkungan dikatakan berhasil dengan baik dalam meningkatkan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Perilaku Berkarakter, Keterampilan Sosial,  Inquiry, Penyelidikan Kelompok, Lingkungan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anitah W, Sri,. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Eggen, Paul D. and Kauchack, Donald P. 1996. Strategies for Teachers Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn and Bacon.

Hasan, S.H., Aziz, W., Yoyok, M., Muhammad, H., Kurniawan., Zulfikrie, A.,Lili, N., Maria, C., Heni,W.,Sapto, A.W., Suci, P., Buchori, I. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas Balitbang Puskur.

Ibrahim, Muslimin, Fida Rachmadiati, Mohamad Nur, dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Mulyanto, H. 2005. Biologi SMA dan Madrasah Aliyah Kelas X Semester 2. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Nur, M. 2011. Pengembangan Perangkat RPP Bermuatan Keterampilan Berpikir dan Perilaku Berkarakter dengan Model Pembelajaran Inovatif Sains-Biologi. Makalah disampaikan pada Training of Trainer (TOT) PSMS Universitas Surabaya. Surabaya. 1-3 Februari 2011

Riinawati, Ngalimun. (2022). Implementation of Character Education in Islamic Perspective at School. Journal of Positive Psychology and Wellbeing. Vol. 6 No. 1. 2022. ISSN: 2587-0130. https://journalppw.com/index.php/jppw/article/view/871

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. 2006. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Subandi, A. 2007. KTSP Biologi SMA/MA. (http: //aansma11. blogspot. com/ 2007/ 06/ ktsp-biologi-sma/ma. html). Diakses 13 Mei 2011.

Sudrajat, A. 2010. Tentang Pendidikan Karakter. (http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-smp/). Diakses 1 Desember 2021.

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. (http://www. mandikdasmen. depdiknas. go. id/web/pages/urgensi. html). Diakses 1 Desember 2021.

Tan, Ivy Geok Chin, Shlomo Sharan, and Christine Kim Eng Lee. 2007. Group investigation effects on achievement, motivation, and perceptions of students in Singapore. The Journal of Educational Research, 100 (3):142+

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Surabaya: Prestasi Pustaka. Surabaya.

Usman, M. U dan Setiawati, L. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v4i2.8622

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International