HARUN NASUTION: SEBUAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN KONTEMPORER

Ngalimun Ngalimun(1*), Yusup Rohmadi(2)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
(2) Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan, yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber (data) utama, sehingga lebih sebagai penelitian dokumen (documentary research). Penelitian ini juga termasuk dalam katergori historis-faktual, karena yang diteliti adalah pemikiran seseorang. Dengan demikian, dalam penilitian kepustakaan ini penulis ingin menganalisis tentang pemikiran pendidikan Islam dan relevansinya dengan dunia pendidikan menurut Harun Nasution di Indonesia dan pengaruhnya. Sebagai sarana untuk memudahkan analisis data, dalam kajian kepustakaan ini digunakan beberapa pendekatan segingga dapat memperjelas kajian dalam penelitian. Dalam tulisan ini pula akan membahas tentang Pemikiran Pendidikan Islam Harun Nasution yang kesemuanya tidak jauh dari permasalahan mengenai pembaharuan Islam di era modern. Dengan mengetahui latar belakang, pemikiran dan solusi yang ditawarkan oleh Harun, akan menambah kekayaan keilmuan keislaman yang semoga dapat dimanfaatkan.

This research belongs to the type of library research, which makes library materials the main source (data), so that it is more of a document research (documentary research). This research is also included in the historical-factual category, because what is being researched is a person's thoughts. Thus, in this literature research the author wants to analyze the thought of Islamic education and its relevance to the world of education according to Harun Nasution in Indonesia and its influence. As a means to facilitate data analysis, in this literature review several approaches were used so as to clarify the study in research. This paper will also discuss about Harun Nasution's Islamic Education Thought, all of which are not far from the problem of Islamic renewal in the modern era. By knowing the background, thoughts and solutions offered by Harun, it will add to the wealth of Islamic scholarship which hopefully can be utilized.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhyar Yusuf Lubis. 2016. Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aqib Suminto. 1989. Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam: 70 tahun Harun Nasution. Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat.

Bakhtiar, Amsal. 2009. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Harun Nasution. 1973. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Harun Nasution. 1974. Islam di Tinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press.

Harun Nasution. 1975. Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

Harun Nasution. 1989. Islam rasional gagasan dan pemikiran. Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat.

Latifah. 2019. Filsafat Ilmu: Paradigma baru dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Parama Ilmu

Syamsul Kurniawan. 2016. Pemikiran Pendidikan Islam Soekarno. D.I Yogyakarta: Samudera Biru.

Sunanto, Musyrifah. 2007. Sejarah Islam Klasik: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, Jakarta: Kencana.

Surajiyo. 2013. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v3i2.6016

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International