KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PADA TINGKAT KEPUASAN PASIEN: STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT ULIN BANJARMASIN

Muhammad Ra'uf(1*)

(1) Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin. Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan asuhan keperawatan.

Desain penelitian adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua pasien di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin.sejumlah 60 pasien. Tehnik sampling menggunakan simple ramdom sampling dengan sampel sebagian respondenberjumlah 52 responden. Variabel independen komunikasi terapeutik dan variabel dependennya kepuasanpasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, entry data dan tabulating dan analisa data menggunakan uji rank spearman.

The purpose of this study was to determine the relationship between Therapeutic Communication and Patient Satisfaction Levels at Ulin Hospital, Banjarmasin. Patient satisfaction is the responsibility of the health service. Health facilities and services that are in accordance with patient expectations, do not rule out the possibility that these patients will always come and seek treatment at these health services. One of the patient's dissatisfaction with health services is influenced by the therapeutic communication factor of nurses in providing nursing care.

The research design is a correlational study with a cross sectional approach. The population is all patients at Ulin Hospital, Banjarmasin. A total of 60 patients. Sampling technique using simple random sampling with a sample of some respondents totaling 52 respondents. The independent variable is therapeutic communication and the dependent variable is patient satisfaction. The research instrument used a questionnaire with data processing editing, coding, data entry and tabulating and data analysis using the Spearman rank test.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arwani. 2003. Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Davison, Gerald C. 2003. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Gerson, Richard. F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.

Hajarudin. 2014. Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Haryanti, 2000. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Universitas Airlangga.

Imbalo, S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

Lovelock, Christopher, & Jochen Wirtz. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks.

Machfoedz, M. 2009. Komunikasi Kepelayan kesehatanan: Komunikasi Terapeutik. Yogyakarta: Salemba

Muhit, A., Mubarak, & Nasir. 2009. Komunikasi dalam Kepelayan kesehatanan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Selemba Medika.

Mundakir. 2006. Komunikasi Keperawatan: Aplikasi Komunikasi dalamPelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ngalimun. 2019. Komunikasi Terapeutik Bidan Dan Pasien Pasca Melahirkan Operasi Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palangka Raya. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial dengan e-ISSN:2656-2928. Vol. 1 No. 2 Tahun 2019.

Pondaag, dkk. 2014. Hubungan Komunikasi Terapeutik Pelayan kesehatan dengan Kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Irina A RSUP Prof. Dr. R D. Kandou Manado. Skripsi tidak diterbitkan. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Sareong, Kiky Miranti dkk. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara Tahun 2013. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Stuart, G. W. & Sundeen, S. J. 2006. Buku Saku Kepelayan Kesehatanan Jiwa. Alih Bahasa, Achrir. Y. S. Jakarta: EGC

Suryani. 2005. Komunikasi Terapeutik: Teori dan Praktik. Jakarta: EGC

Swarjana, I Ketut. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Yogyakarta: ANDI

Tamsuri. 2005. Buku Saku: Komunikasi dalam Kepelayan Kesehatanan. Jakarta: EGC




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v3i2.6014

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International