EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TREASURE CLUE TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FIRDAUS BANJARMASIN

Aulia Safitri Ariany(1*), Barsihanor Barsihanor(2), Tutus Rani Arifa(3)

(1) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
(2) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
(3) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Studi Islam, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektivitas metode Treasure Clue terhadap hasil belajar dalam Pembelajaran tematik pada siswa kelas V SDIT Al- Firdaus Banjarmasin.Jenis penlitin yang digunakan pada penelitian ini eksperimen semu (Quasi Experimental Research), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian dalam penelitian ialah seluruh siswa kelas V SDIT Al-Firdaus Banjarmasin berjumlah 43 orang. Dengan sampel 22 orang kelas VA yang menjadi kelompok kontrol dan 21 orang kelas VB yang menjadi kelompok eksperimen menggunakan metode Treasure Clue. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test. Validasi instrumen tes validitas instrumen menggunakan rumus  Product Moment dengan bantuan program  Statistical Product and Service Solution  (SPSS) versi 21 dan mengetahui reliabilitas data menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan program  Statistical Product and Service Solution  (SPSS) versi 21. Teknik analisi data menggunakan t-test. Setelah diketahui nilai normalitas dan homogenitas data. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai pre-test sebesar 54,32 dan nilai post-test sebesar 90,68. Kelompok kontrol diperoleh nilai pre-test sebesar 43,81 dan nilai post-test sebesar 81,67. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikan sebesar 0,003 <0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDIT Al-Firdaus Banjarmasin antara pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran Treasure Clue dengan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran konvesional.

 

Kata Kunci : Metode Treasure Clue, hasil belajar, pembelajaran Tematik.

This study aims to determine the effectiveness of the Treasure Clue method for learning outcomes in Thematic Learning in fifth grade students of SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. This type of research used in this study was quasi-experimental (Quasi Experimental Research), with Nonequivalent Control Group Design. The research population in this study were all fifth grade students of SDIT Al-Firdaus Banjarmasin totaling 43 people. With a sample of 22 VA class people who became the control group and 21 VB class people who became the experimental group using the Treasure Clue method. Data collection techniques using observation, documentation and tests. Instrument to measure learning outcomes using pre-test and post-test. The instrument validity test was validated using the Product Moment formula with the help of the Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 21 program and found out the reliability of the data using the Cronbach's alpha formula with the help of the Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 21 program. Data analysis techniques used t- test. After knowing the normality and homogeneity value of the data. In the experimental group, the pre-test value was 54.32 and the post-test value was 90.68. The control group obtained a pre-test value of 43.81 and a post-test value of 81.67. Hypothesis test results showed a significant value of 0.003 <0.05. From these results it can be concluded that there are differences in learning outcomes in the thematic learning of class V SDIT Al-Firdaus Banjarmasin between learning that applies the Treasure Clue learning method and learning that applies conventional learning

                                                                                                                    Keywords: Treasure Clue Method, learning outcomes, Thematic learning

 


Teks Lengkap:

PDF 93-108

Referensi


Afandi, Muhammad. (2013). “Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah” Semarang : Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Akbar,Sa’dun. (2016). “Implementasi Pembelajaran tematik”, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Anas, Muhammad. (2014). “Mengnal Metode pembelajaran”, Pasuruan: Pustaka Hulwa

Anastatia, Chatrine. (2016). ”Penerapan Metode Permainan Treasure Clue untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Sumedang: Skripsi pada Universitas Pendidikan Indonesia.

Anastatia,”Chatrine. (2016).”Penerapan Metode Permainan Treasure Clue untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Sumedang: Skripsi pada Universitas Pendidikan Indonesia

Anwar, Muhammad. (2017), Filsafat Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Ariawan, Vina Anggia Nastitie. (2017). “Implementing Joyful learning Strategy Using Treasure Clue Game Method in Order to Improve Reading Comprehension Skill”, Bandung: Jurnal prima Edukasia.

Arifin,Nita Kurniawati. (2017). “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning menggunakan Permainan Treasure Clue Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS”, Sumedang:Skripsi pada Universitas Pendidikan Indonesia

Aswan, (2016) “Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM ”, Yogyakarta: Asswaja Pressindo.

Chomaidi. (2018). “Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah” Jakarta : Grasindo.

Darmadi. (2017). “ Pengembangan Model dan Metode Pembalajaran dalam Dinamika Belaja Siswa”, Yogyakrta : Budi Utama.

Deni, Kurniawan (2014). “Pembelajaran Terpadu Tematik”, Bandung : Alfabeta.

Dimyanti. (2015). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Gora, Winastawan. (2010). PAIKEMATIK, Jakarta: Elex Media Komputindo

Hamzah, (2011). “Belajar dengan Pendekatan PAILKEM ”, Jakarta: Bumi Aksara.

Hutomo, Raka Swanditha. (2016). “Peningkatan Aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi dengan metode Treasure Hunt”, Yogyakarta: Journal pada Universitas Negri Yogyakarta.

Kamila, Nurlita (2015).” Keefektifan Model Scramble dalam pembelajaran Materi Uang Pada Siswa Kelas III”, Semarang: Skripsi pada Universitas Negri Semarang,

Khodijah, Nyanyu. (2014), “pisikologi pendidikan”, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Khoiriah, Mifta Resti. (2015). “ Keefektifan Penerapan Model Induktif Kata Bergambar Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa kelas V SD Negri 1 Prigi Kabupaten Banjarnegara”, Semarang: Skripsi UNNES.

Kurniawan, Deni. (2014). “pembelajaran terpadu tematik”, Bandung: Alfabeta.

Lumbarja, Lenny Hartaty. (2017). “ Analisis tingkat Kesukaran dan Daya pembeda pada Butir Tes Soal Ujian Tengah Semester”, Medan: Jurnal, Universitas Medan.

Majid, Abdul. (2014). “Pembelajaran Tematik Terpadu”, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Malawi, Ibadullah. (2017 ).”Pembelajaran Tematik”, Jawa Timur : Media Grafika

Mariyaningsih, Nining. (2018). “Bukan kelas Biasa”, Surakarta : Kekata Group.

Mukrimah, Sifa Siti. (2014). “53 Metode Belajar dan Pembelajaran”, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugraheni, Retno. (2015). “Pengaruh Penggunaan Metode Eksperiment Terhadap Preestasi Belajar IPA Siswa kelas IV”, Yogyakarta: Skripsi pada Universitas Negri Yogyakarta.

Parwati, Ni Nyoman. “Belajar dan pembelajaran”, ( Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2018)

Prasetyo, Bambang. (2015). “Metode Penelitian Kuantitatif”, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rosanti, Maya Aprilia. (2015). “Keefektifan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar”, Semarang: Skripsi pada Universitas Negri Semarang.

Rusli, Muhammad. (2017). “Multimedia Pembelajaran yang Inovatif”, Yogyakarta: Andi.

Saefuddin, Asis. (2014). Pembelajaran efektif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Salim, Haitami. (2012). “ Studi Ilmu Islam ”, Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.

Sanjaya, Wina. (2006). “Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan”, Jakarta : Kencana.

Setiarto, Andi. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran ivestigation terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar, Semarang: skripsi pada Universitas Negri Semarang

Shoimatul Ula. (2013). “ Revolusi belajar “,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiono, (2018). “Metode Penelitian Pendidikan”, Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2017). “ Strategi Pembelajaran ”, Jogjakarta : Ar- Ruzz Media,

Susanto, Ahmad. (2012) Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Prenamedia Group.

Thobroni, (2015). “Belajar dan Pembelajaran”, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Trianto, (2009). “Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik”, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ula, Shoimatul. (2013). “ Revolusi belajar “,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Wulan, Dea Anjar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD, Lampung: Skripsi pada Universitas Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v1i2.2555

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International