PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Miftahul Jannah(1*), Abdul Basit(2)

(1) Program Studi PGSD Universitas Panca Marga Probolinggo
(2) Program Studi PGSD Universitas Panca Marga Probolinggo
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media diorama. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media diorama meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan sebanyak 9 orang peserta didik (90%) mendapatkan nilai belum tuntas dan 1 orang peserta didik (10%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus pertama mengalami peningkatan yang mana 4 orang peserta didik (40%) siswa memperoleh nilai belum tuntas dan 6 orang peserta didik (60%) telah memperoleh nilai tuntas. Pada siklus 2 data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang siginifikan yaitu 1 orang peserta didik (10%) belum memperoleh nilai tuntas dan 9 orang peserta didik (90%) telah memperoleh nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo.

Kata kunci : media diorama, IPS, hasil belajar

This research was carried out in the Third grade of SD Islam Fatahillah Sumber Kerang Village Probolinggo Regency consisting of 10 students with details of 6 male students and 4 female students. This type of research was Classroom Action Research which was carried out in 2 cycles while the stages in doing this research includes planning, action, observation and reflection stages. This study aims to improve the learning outcomes of social science by using the Diorama Media. The data obtained in the study is the results of students 'cognitive learning after applied diorama media increased which can be seen from the students' pre-action results that there are 9 students (90%) who have received incomplete grades and 1 students (10%) get complete grades. In the first cycle , there was an increase, there were 4 students (40%) got incomplete grades and 6 students (60%) got complete grades. In the second cycle also experienced an increase in learning outcomes, namely there were 1 student (10%) who still did not get complete grades and 9 students (90%) others got complete grades. Thus it can be concluded that aplication of diorama media on social science learning can improve the learning outcomes of third grade students of SD Islam Fatahillah Sumber Kerang Village Probolinggo Regency.

Keywords: diorama media. social science. learning outcomes.


Teks Lengkap:

PDF 82-92

Referensi


Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Hamid, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Musfiqon, H. M. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pratami, F. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Media Dioramauntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SDN Ledok 01 Salatiga.

Rahyubi, H. (2014). Teori-teori belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rosna, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. (2014). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Ratu Algensindo.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.

Wahab, A. A. (2009). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumber dari Skripsi

Kresatama, Y. (2014). Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Arah dan Letak Rumah pada Siswa Kelas 1A SD Muhammadiyah 9 Malang.

Pratami, F. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Media Dioramauntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SDN Ledok 01 Salatiga.

Sumber dari Jurnal

Lestari, T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III (2) : 114-124

Rosna, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, IV (6) : 236-240

Weranti, S. E. (2017). Pengaruh Media Diorama Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Mapel IPS Kelas III SDN Balong Bowo. Jurnal Pendidikan Informasi dan Teknologi Komputer, I (1) : 32-42

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI (1): 87-93




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v1i2.2553

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International