IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM ERA MASYARAKAT 5.0
(1) Fakultas Teknologi Informasi
(2) Fakultas Teknologi Informasi
(*) Corresponding Author
Sari
Era Masyarakat 5.0 mengusung paradigma baru yang mengintegrasikan teknologi canggih dengan kehidupan sosial untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam konteks pendidikan, hal ini mendorong transformasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan zaman yang terus berubah. Kurikulum Merdeka, yang diperkenalkan di Indonesia, bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih dalam penyampaian materi ajar dan mendorong pembelajaran berbasis kompetensi serta karakter.
Abstrak ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka dalam era Masyarakat 5.0, menyoroti bagaimana pendekatan ini dapat menjawab tantangan dan peluang yang muncul dari perkembangan teknologi dan perubahan sosial. Kajian ini mencakup tiga aspek utama: integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pengembangan keterampilan abad ke-21, dan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan individu siswa.
Pertama, teknologi berperan sebagai alat bantu dan sumber daya dalam Kurikulum Merdeka, memperluas akses pembelajaran dan memungkinkan personalisasi pendidikan. Penggunaan alat digital seperti platform pembelajaran daring, aplikasi edukatif, dan data analitik dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar-mengajar.
Kedua, Kurikulum Merdeka mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan kolaboratif. Dalam era Masyarakat 5.0, keterampilan ini menjadi sangat penting untuk menghadapi tantangan kompleks yang timbul dari digitalisasi dan otomatisasi.
Ketiga, kurikulum ini dirancang agar fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan individu siswa, memberikan ruang untuk pendekatan pembelajaran yang lebih terpersonalisasi dan berbasis pada minat serta potensi siswa.
Melalui implementasi Kurikulum Merdeka, diharapkan pendidikan dapat lebih relevan dengan dinamika dan kebutuhan era Masyarakat 5.0, mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga siap berkontribusi secara positif dalam masyarakat yang terus berubah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan dalam merancang dan melaksanakan kurikulum yang responsif terhadap tuntutan zaman.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Era Masyarakat 5.0, Pendidikan Teknologi, Inovasi Pendidikan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, M., et al. (2023). Analisis kelemahan dan factor Penghambat pada implemntasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2023 eISSN 2987-9922 Jurusan Kimia FMIPA UNMUL.
Ardianti, Y., Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 6, No.3, 2022, pp. 399-407
Badan Pusat Statistik. (2024). Penggunaan Internet oleh Penduduk Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1185– 1196.
Izza, N. A., et al. (2020). Implementasi Merdeka Belajar sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 5(2), 124-136.
Lukum, Y. (2021). Kurikulum Berbasis Kompetensi di Abad 21. Jurnal Pendidikan, 4(1), 27-38.
https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html (Diakses Kamis, 2 Juli 2024, pukul 11.20 WITA).
https://www.antaranews.com/berita/3979335/apjii-pengguna-internet-indonesia-tahun-2024-capai-795-persen. (Diakses Kamis, 2 Juli 2024, pukul 11.05 Wita).
Permendikbudristekdikti Nomor 56 Tahun 2022, tentang pembelajaran dan asesmen, serta beban kerja guru di masa pandemi Covid-19.
Permendikbudristekdikti Nomor 12 tahun 2024 tentang berisi tentang penerapan Kurikulum merdeka.
Putriani, S., & Hudaidah. (2021). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 terhadap Pendidikan dan Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2(1), 56-68.
Samala, A D, Fajri, B. R., Ranuharja, F., & Darni, R. (2020). Pembelajaran Blended Learning Bagi Generasi Z Di Era 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 45–53. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.260.
World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020. Geneva, Switzerland: World Economic Forum.
OECD. (2019). OECD Skills Outlook 2019: Thriving in a Digital World. Paris, France: OECD Publishing.
European Commission. (2019). Education and Training Monitor 2019. Luxembourg: Publications Office of the European Union.
World Bank. (2021). World Development Report 2021: Data for Better Lives. Washington, DC: World Bank.
UN Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (2020). Futures of Education: Learning to Become. Paris, France: UNESCO.
Tapscott, D., & Tapscott, A. (2016). Blockchain Revolution: How the Technology Behind Bitcoin and Other Cryptocurrencies is Changing the World. New York, NY: Portfolio.
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. New York, NY: Crown Business.
Botsman, R. (2017). Who Can You Trust?: How Technology Brought Us Together and Why It Might Drive Us Apart. New York, NY: PublicAffairs.
Rifkin, J. (2014). The Zero Marginal Cost Society: The Internet of Things, the Collaborative Commons, and the Eclipse of Capitalism. New York, NY: Palgrave Macmillan.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v6i2.16281
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International