EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM PELATIHAN PADA MEDIA PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DI SDN SUNGAI GAMPA ASAHI DAN SDN SUNGAI BAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA

Bardiansyah Bardiansyah(1*), Husnul Madihah(2), Didi Susanto(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dengan tujuan (1) Mengetahui persiapan perencanaan pelaksanaan Implementasi Kurikulum merdeka pada SDN Sungai Gampa Asahi dan SDN Sungai Bamban (2) Pelaksanaan Implementasi Kurikulum merdeka di SDN Sungai Gampa Asahi dan SDN Sungai Bamban (3) Evalausi Pelaksanaan Kurikulum merdeka di SDN Sungai Gampa Asahi dan SDN Sungai Bamban.Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang ada.

Hasil Penelitian sebagai berikut, (1) Persiapan pelaksanaan kurikulum merdeka di SDN Sungai Gampa Asahi adalah dengan melaksanakan pelatihan mandiri menggunakan platform merdeka mengajar metode diskusi terbimbing, melibatkan Seluruh Guru dalam penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), sedangkan di SDN Sungai Bamban dimulai menyusun kurikulum yang relevan dengan pengalaman hidup sehari-hari siswa, mengadakan pelatihan mandiri dengan menggunakan platform merdeka mengajar metode workshop(2) Pelaksanaan Kurikulum merdeka di SDN Sungai Gampa Asahi  dengan melibatkan peserta didik sesuai konsep merdeka mengajar, penerapan pembelajaran berdeferensiasi, sedangkan di SDN Sungai Bamban pelaksanaan kurikulum merdeka dengan melaksanakan pembelajaran berdeferensiasi, guru lebih mengutamakan keseimbangan antara proses yang baik dan mengahasilkan produk hasil belajar  (3) Evaluasi Pelaksanaan  kurikulum merdeka di SDN Sungai Gampa Asahi sudah sesuai dengan pelatihan mandiri menggunakan Platform Merdeka Mengajar untuk mendapatkan pemahaman konsep merdeka mengajar, evaluasi yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru adalah dengan supervisi akademis, sedangkan di SDN Sungai Bamban Evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka dengan memastikan Konsep merdeka mengajar  dapat melalui supervisi akademik, melakukan refleksi dan memberikan umpan balik dan tindak lanjut terhadap kegiatan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algesindo Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen..

https://bpmpkalsel-pmm-dashboard-71ttv1.streamlit.app/Platform_Merdeka_Mengajar

Kemendikbudrestik Republik Indonesia nomor 262/M/2022 tentang perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Tekhnologi nomor 56/M/2022 Tentang pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Khairunnisa Batubara, Perencanaan Kurikulum, Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meneguhkan Islam Moderat, (Surabaya, 2021).

Moleong, Lexy, J., 1979. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sagala, (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Singla, P.K., dan Gupta, AB. (2006). An Integrated curriculum evaluation model for technical eduction programmes. Chandigarh 160019 (INDIA)

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional : pedoman kinerja, kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v6i1.14294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International